Sukses

4 Momen Paling Ditunggu dari Sesi Tes MotoGP Jerez Hari Ini

Jakarta - MotoGP 2020 akan menggelar lomba putaran pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol, yang dimulai sejak 17 Juli sampai 19 Juli.

Sebelum berlomba pada akhir pekan ini, hari Rabu (15/7/2020), semua pembalap bakal terlebih dahulu menjalani sesi tes di Sirkuit Jerez.

Setiap kelas: MotoGP, Moto2, sampai Moto3 akan diberikan kesempatan tes sebanyak dua sesi. Sementara MotoE dapat jatah tiga sesi.

Sesi tes ini sangat penting untuk semua tim dan pembalap. Karena untuk MotoGP, kali terakhir mereka menyentuh motor adalah pada sesi tes di Sirkuit Losail, Qatar, pada Februari.

Tentu saja begitu banyak pertanyaan menarik yang akan terjawab pada sesi tes Jerez MotoGP ini. Bola.com coba merangkumnya.

2 dari 6 halaman

1. Bagaimana Kondisi Fisik Andrea Dovizioso?

Tes Jerez merupakan kesempatan pertama buat Andrea Dovizioso melihat kesiapan fisiknya sebelum turun pada lomba seri pertama MotoGP 2020.

Karena seperti diketahui, dua pekan lalu, ia mengalami kecelakaan ketika mengikuti lomba motocross dan dibebat cedera patah tulang selangka. Dia pun harus menjalani operasi.

Di tes Jerez bakal terindikasi seberapa baik kondisi cederanya dan akan memengaruhi sepak terjangnya pada lomba pembuka MotoGP 2020.

3 dari 6 halaman

2. Masalah Repsol Honda Terselesaikan?

Honda jadi salah satu tim yang bermasalah dengan motor musim 2020 selama tes pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia dan Losail, Qatar. Tapi pada hari terakhir tes di Losail, tim Honda telah menemukan solusi dari masalah motor.

Solusi tersebut juga telah mendapat respons positif dari Marc Marquez. Masalahnya apakah solusi di Losail beberapa bulan lalu juga memberikan efek sama di Jerez yang punya karakteristik berbeda.

Mengetahui level kompetitif motor Honda sangat penting untuk menakar peluang Marquez untuk mempertahankan titel juara dunia.

4 dari 6 halaman

3. Kesempatan Yamaha dan Suzuki?

Motor Suzuki GSX-RR dan Yamaha YZR-M1 bisa dibilang punya performa lebih menjanjikan ketimbang Ducati Desmosedici maupun Honda RC213V selama tes pra-musim.

Namun apakah keunggulan di Sirkuit Sepang dan Losail juga akan berlaku di Jerez? Fakta Jerez akan menggelar dua lomba berturut-turut, punya motor kompetitif di sini jadi teramat penting.

Jika tren positif kembali dilanjutkan Suzuki dan Yamaha, bukan tidak mungkin pembalap mereka bisa memulai kompetisi dengan baik. Karena di atas kertas, Honda dan Ducati punya pekerjaan rumah lebih berat.

5 dari 6 halaman

4. Siapa Pesaing Marc Marquez?

Nama Marc Marquez tentu jadi kandidat terdepan untuk meraih titel juara dunia MotoGP 2020. Masalahnya siapa lawan terberatnya?

Dengan teka-tekinya kondisi fisik Andrea Dovizioso, kans pembalap lain muncul ke permukaan sangat besar. Dan indikasi soal siapa lawan berat Marquez bakal terlihat pada sesi tes di Jerez.

Kiprah nama-nama pembalap seperti Maverick Vinales dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP), Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), ditambah Alex Rins dan Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) harus benar-benar dapat perhatian khusus.

Siapa di antara mereka yang siap mengalahkan Marquez? Kita tunggu jawabannya pada sesi tes di Jerez.

Disadur dari: Bola.com (penulis Hendry W, published 14/7/2020)

6 dari 6 halaman

Saksikan video MotoGP Berikut Ini