Sukses

Andritany Ardhiyasa Sebut 4 Kiper Ini Berpengaruh Besar untuk Kariernya di Persija

Jakarta Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa berkembang menjadi salah satu penjaga gawang hebat berkat banyak belajar dari senior. Dia menyebut banyak kiper senior yang sudah menjadi inspirasinya.

Dia mengaku belajar dan mencuri ilmu dari kiper-kiper senior yang pernah bermain satu tim dengannya. Itulah yang menjadi rahasia penampilan apik Andritany di bawah mistar gawang.

Andritany Ardhiyasa mengawali kariernya di Sriwijaya FC pada 2009. Namun, ia tak mendapatkan banyak kesempatan bermain.

Pada 2010, Andritany kemudian bergabung dengan Persija Jakarta. Sampai saat ini, Andritany telah menjadi kiper utama dan kapten dari klub berjulukan Macan Kemayoran itu.

Penampilan apiknya juga berhasil mengantarkan Andritany menembus Timnas Indonesia. Kiper berusia 28 tahun itu juga didapuk sebagai kapten Timnas Garuda.

Andritany menyebut, ada empat sosok kiper yang selama ini menjadi panutannya pada awal-awal berkarier di kompetisi Indonesia. Mereka adalah Ferry Rotinsulu, Hendro Kartiko, Ronny Tri, dan Jendri Pitoy.

"Saya sebagai seorang kiper termasuk beruntung. Saat saya di Sriwijaya FC saya mendapat mentor hebat yakni Ferry Rotinsulu. Lalu saat bermain di Persija pada awal karier, saya bisa bersanding dengan tiga kiper hebat yakni Hendro Kartiko, Ronny Tri, dan Jendri Pitoy," kata Andritany seperti dikutip situs resmi klub, Jumat (10/7/2020).

"Kita semua tahu kualitas tiga kiper Persija saat itu juga sangat luar biasa. Ketiganya merupakan kiper timnas termasuk Ronny Tri. Maka dari itu, saya senang mendapat mentor bagus di awal karier saya," kata Andritany.

2 dari 3 halaman

Menolak Puas

Andritany Adhiyasa sudah mengumpulkan 150 penampilan bersama Persija Jakarta. I berhasil membantu klub Ibu Kota itu meraih gelar Liga 1 2018 dan Piala Presiden 2018.

Memiliki peran sentral di Persija tak membuat Anditany besar kepala. Andritany mengaku masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam berlatih dan bermain di lapangan.

"Saya sampai sekarang tidak menganggap diri saya sebagai kiper nomor satu atau saya kiper inti di tim. Jika saya berpikir demikian, saya sudah santai-santai saja sekarang atau tidak menambah porsi latihan sendiri," ujar Andritany.

"Maka dari itu, saya selalu membuang mind set tersebut agar selalu kerja keras di latihan dan bilamana pelatih menunjuk saya pun siap," tegas adik kandung dari kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi Ardhiyasa itu.

Sumber: Persija Jakarta

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Yus Mei,published 10/7/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Persija di Bawah Ini