Sukses

5 Fakta di Balik Hilangnya Naya Rivera, Diduga Sudah Tewas

Liputan6.com, Jakarta - Naya Riveramenghilang saat berenang di Danau Piru, Los Angeles, Amerika Serikat. Salah satu bintang Glee itu tidak diketahui keberadaannya sejak Rabu (8/7/2020).

Kejadian bermula saat ditemukannya seorang bocah yang berada di sebuah perahu sewaan sendirian. Ketika diidentifikasi, diketahui jika bocah berusia 4 tahun itu adalah Josey Holis Dorsey, putra Naya Rivera.

Upaya penyelamatan pun telah beralih ke operasi pencarian di lokasi sekitar danau tersebut. Pihak polisi yang mencari Naya pun juga memberikan pernyataan jika dugaan sementara adalah insiden tenggelam.

"Tidak ada bukti permainan curang (tindak kejahatan) pada saat ini," Kapten sheriff Eric Buschow, dikutip dari ABC News.

"Ini mungkin kasus tenggelam." lanjutnya.

Kabar mengejutkan ini pun langsung menjadi perbincangan publik. Tak hanya penggemar tetapi sesama rekan artis pun menuliskan doa di media sosial Naya agar ditemukan selamat.

Berikut ini 5 fakta hilangnya pemeran serial Glee, Naya Rivera, di Danau Piru dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

2 dari 7 halaman

1. Menyewa Perahu

Dari beberapa keterangan, tercatat jika aktris, model dan penyanyi ini menyewa sebuah perahu pada Rabu (8/7/2020) pukul 1 malam waktu setempat. Diketahui pula pada saat itu Naya mengajak putranya untuk menaiki perahu. 

Hilangnya Naya Rivera ini membuat pihak polisi daerah setempat melakukan pencarian. Namun, setelah lebih dari 24 jam, masih belum juga ada tanda-tanda ditemukannya Naya Rivera.

Dikabarkan juga, diduga Naya Rivera meninggal dunia karena tenggelam. Selain itu, pencarian Naya juga dihentikan untuk sementara.

3 dari 7 halaman

2. Josey Dorsey Berada di Perahu Sendiri

Setelah hampir 3 jam, seorang pegemudi perahu lain diketahui melintas dan melihat sebuah perahu yang mengapung di danau tersebut. Saat didekati, tampak bocah sedang tertidur di atas perahu. Setelah diidentifikasi, rupanya bocah tersebut adalah Josey Holis Dorsey, putra Naya Rivera yang masih berusia 4 tahun.

Kepada penyelidik, Josey Dorsey mengatakan awalnya ia dan ibunya sedang berenang. Namun, setelah lama menunggu, ibunya tak kunjung kembali ke perahu yang mereka sewa.

Josey tampak mengenakan rompi pelampung. Ditemukan pula rompi orang dewasa berada di atas perahu, tetapi Naya tidak terlihat. Maka dari itu, tim pencarian pun menggunakan drone dan helikopter untuk mencari keberadaan bintang Glee tersebut, dikutip dari ABC News.

4 dari 7 halaman

3. Diduga Tewas

Pada pukul 10 malam waktu setempat, pencarian sempat dihentikan karena kondisinya cukup berisiko. Setelah beberapa jam, pencarian dilanjutkan oleh lebih dari 80 personel pada Kamis pagi. Para pihak tim pencarian mengkonfirmasi bahwa Naya diduga tewas.

Pada konferensi pers singkat di danau, Sheriff Deputy Chris Dyer mengatakan Naya sudah biasa mengunjungi beberapa tempat populer untuk melaut dan berenang. Sang aktris telah banyak mengunjungi tempat wisata itu sebelum akhirnya berkunjung ke Danau Piru.

5 dari 7 halaman

4. Danau Piru Sering 'Telan' Korban

owntown Los Angeles. Area itu memiliki luas 1.200 hektar dan menjadi lokasi wisata yang menelan banyak korban tenggelam selama bertahun-tahun.

Dilansir dari Los Angeles Times, danau tersebut memiliki suhu dingin yang mampu membuat siapa saja yang berenang di sana merasa kewalahan. Selain suhu air yang dingin, danau tersebut juga memiliki angin kencang yang cukup kuat untuk menggulingkan perahu kecil.

Selama lebih dari 20 tahun terakhir, penjaga Danau Piru menyatakan jika danau tersebut telah menelan puluhan korban. Kebanyakan kasusnya adalah tenggelam dan kurangnya pemahaman soal navigasi.

"Satu-satunya yang dapat kutekankan adalah jika perenang berada di sekitar perairan, mereka harus memakai jaket pelampung meski pun dia adalah orang yang bisa berenang apalagi tidak," ujar West, Mantan Manajer Layanan Taman dan Rekreasi Danau Piru.

6 dari 7 halaman

5. Dukungan dan Doa Untuk Naya

Kejadian ini pun membuat penggemar dan rekan artis ramai di media sosial. Di twitter, mereka bahkan menyerukan tagar #findnaya sebagai bentuk dukungan kepada para penyidik untuk menemukan ibu satu anak itu. 

Tagar-tagar itu pun bertebaran sejak beberapa jam lalu. Mereka meminta agar pihak kepolisian untuk tak berhenti mencari Naya Rivera. Mereka juga berharap masih ada kemungkinan bahwa Naya masih hidup. Selain itu, salah satu hal yang membuat mereka menyerukan tagar tersebut karena Naya Rivera masih meninggalkan putranya yang masih berumur empat tahun.

Di kolom Instagram milik Naya pun banyak komentar doa. Tak sedikit rekan para artis menuliskan doa agar Naya bisa ditemukan dalam kondisi selamat.

 

Disadur dari: Kanal Hot Liputan6.com (Penulis: Loudia Mahartika, Editor: Fadila Adelin, published 10/7/2020)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Naya Rivera Berikut Ini