Sukses

Ular-Ular Piton Berkeliaran di Permukiman, Warga di Kabupaten Blora Resah

Liputan6.com, Jakarta- Warga di Kabupaten Blora, Jawa Tengah ketar-ketir dan resah. Pasalnya sejumlah ular Sanca Kembang atau ular piton berkeliaran di permukiman mereka.

Sejauh ini ada tujuh ekor ular piton berukuran rata-rata panjang lima meter telah berhasil ditangkap petugas bersama warga.

"Rata-rata munculnya di semak-semak pekarangan warga. Kemarin malam, 4 anggota kami juga menangkap satu ular piton lagi di Dukuh Mbelik, Desa Tambaksari, Blora," kata Kepala Satpol PP Blora, Djoko Sulistiyono kepada Liputan6.com, Minggu (5/7/2020).

Djoko mengatakan, penampakan ular piton yang ditangkap oleh anggota Satpol PP Blora berawal dari laporan warga setempat lantaran merasa resah dan ketakutan melihat ukurannya yang besar.

Dilihat dari penampakannya, ular-ular piton sudah memangsa. Itu dilihat dari perutnya yang membesar.

2 dari 4 halaman

Muncul Sejak 3 Bulan Lalu  

"Kayaknya yang dibawa ke kantor kemarin jika dilihat dari tubuhnya ular habis memangsa ayam atau apa kurang tahu," kata Djoko.

Menurutnya, ular serupa diduga masih banyak dan bakal muncul memangsa binatang ternak jika lapar. Menurut dia, paling banyak mendapati laporan ular piton muncul di daerah Kecamatan Kunduran, Blora.

"Sejak tiga bulanan ini sekitar tujuh ekor ular piton yang berhasil ditangkap. Paling banyak laporan yang masuk dari Kunduran," katanya.

3 dari 4 halaman

Lapor Petugas

Djoko berpesan apabila warga merasa resah terkait kemunculan secara tiba-tiba ular piton, ular kobra, atau ular jenis lain agar segera melaporkan ke pihak petugas Satpol PP Blora.

(Ahmad Adirin)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Terkait Ular Piton di Bawah Ini