Sukses

Liga PB Djarum 2020, Asah Kualitas dan Jiwa Kompetitif Pebulu Tangkis Muda

Liga PB Djarum 2020 akan berlangsung di GOR DJarum , Jati, Kudus, Jawa Tengah, 6 hingga 11 Juli. Turnamen bulu tangkis ini akan diikuti para atlet muda.

Liputan6.com, Kudus - Pandemi corona Covid-19 yang melanda Indonesia membuat berbagai turnamen bulu tangkis nasional maupun internasional dihentikan sementara waktu. Praktis, saat ini aktivitas para pebulu tangkis mudaadalah berlatih untuk tetap menjaga stamina hingga pertandingan kembali bergulir.

Menyiasati hal ini, PB Djarum menyelenggarakan Liga PB Djarum 2020. Turnamen bulu tangkis ini akan digelar di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, 6 hingga 11 Juli.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan penyelenggaraan Liga PB Djarum 2020 merupakan momentum untuk menjaga dan meningkatkan kualitas para atlet muda PB Djarum. Di samping itu, juga bertujuan agar para atlet tetap memiliki jiwa kompetitif selama masa pandemi.

"Dengan tidak adanya turnamen nasional dan internasional, ini adalah kesempatan bagi PB Djarum untuk kembali mengukur kemampuan para atlet muda yang kami miliki," kata Yoppy, yang juga Ketua PB Djarum, di Kudus, Minggu (5/7/2020).

"Di samping itu, kejuaraan yang bersifat internal (hanya diikuti oleh atlet PB Djarum) ini, juga untuk menemukan lebih banyak pebulu tangkis muda PB Djarum yang berkualitas dan kelak akan membela Indonesia di ajang kejuaraan bulutangkis dunia," tambahnya.

 

 

Saksikan Video PB Djarum di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

100 Pebulu Tangkis Muda

Liga PB Djarum 2020 akan melibatkan lebih dari 100 pebulu tangkis muda PB Djarum yang berasal dari kelompok pemula, remaja, taruna, dan Dewasa baik di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, serta ganda campuran.

"Untuk meningkatkan suasana kompetisi, atlet yang memiliki performa tinggi di kelompok usianya, akan kami masukkan di kelompok usia yang lebih tinggi. Begitu pula dengan pasangan ganda yang sudah kuat akan kami carikan partner baru agar mereka lebih adaptif dengan siapapun tandemnya di atas lapangan," papar Yoppy.

Liga yang digelar dengan format setengah kompetisi ini dipastikan berlangsung sengit karena sederet atlet muda berbakat akan menantang para seniornya yang sudah memiliki pengalaman lebih tinggi di pelatnas, seperti Ihsan Maulana Mustofa dan Alberto Alvin Yulianto.

Sementara di barisan atlet muda PB Djarum yang akan unjuk kebolehan antara lain Ghana Muhammad / Mochamad Raffi dan Berliona Alma / Jovika Vandaria di sektor ganda. Sementara di sektor tunggal putra dan putri, atlet-atlet muda turut serta adalah Ruzana, Mutiara Ayu Puspitasari, Isyana Syahira Meida, Bernadine Anindya Wardana, Gregorius Farrel Frandico, dan Hendry Leander.

"Pebulu tangkis putra dan putri terbaik dalam Liga PB Djarum, akan dipilih oleh Dewan pelatih tunggal dan pelatih ganda, namun di bawah komando head coach Fung Permadi," ucap Yoppy.

 

3 dari 3 halaman

Hadiah

Turnamen ini memperebutkan hadiah berupa deposito dengan total lebih dari Rp 105 juta untuk 17 kategori yang dipertandingkan. Namun bukan hanya itu saja, PB Djarum juga akan memberikan hadiah tambahan kepada pebulu tangkis terbaik putra maupun putri berupa lemari es dua pintu.

Meski diadakan untuk menjaga daya kompetitif di masa pandemi, Yoppy yakin Liga PB Djarum 2020 akan memberi dampak positif yang bermanfaat bagi perkembangan kualitas atlet muda PB Djarum di masa mendatang.

"Dengan adanya Liga PB Djarum para atlet akan mendapat atmosfir bertanding dari hasil latihan selama empat bulan terakhir. Jika Liga PB Djarum ini bermanfaat bagi atlet, tahun depan bisa kami adakan lagi," tutup Yoppy Rosimin.

Mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah selama pandemi corona Covid-19, Liga PB Djarum 2020 digelar tanpa penonton dan menerapkan physical distancing selama pertandingan. Untuk itu, pencinta bulu tangkis dapat menyaksikan jalannya pertandingan melalui live streaming di channel Youtube PB Djarum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.