Sukses

Aprilia Racing Sudah Temukan Pengganti Andrea Iannone untuk MotoGP 2020

CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, akhirnya menyatakan bahwa sang test rider, Bradley Smith, akan membela Aprilia Racing Team Gresini untuk MotoGP 2020, menggantikan Andrea Iannone.

Liputan6.com, Roma - CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, akhirnya menyatakan bahwa sang test rider, Bradley Smith, akan membela Aprilia Racing Team Gresini untuk MotoGP 2020.

Bradley Smith akan mengisi kekosongan selama Andrea Iannone absen membela Aprilia Racing karena dilarang berkompetisi di MotoGP dan menyelesaikan kasus dopingnya di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Iannone saat ini tengah bergelut dengan Agen Anti-Doping Dunia (WADA), usai ia dijatuhi larangan berkompetisi selama 18 bulan oleh Pengadilan Disiplin (CDI) Federasi Balap Motor Internasional (FIM) akibat sampel urinnya di Malaysia, November 2019, terbukti mengandung drostanolone.

Iannone dan WADA sama-sama melanjutkan kasus ini ke CAS, di mana Iannone meminta hukumannya ditangguhkan, sementara WADA menuntut hukumannya diperpanjang menjadi larangan berkompetisi selama empat tahun. Hingga kini, belum diketahui kapan CAS akan menggelar sidangnya.

Aprilia harus cari pengganti sementara Iannone, karena MotoGP 2020 dimulai di Jerez, Spanyol, 17-19 Juli 2020. Pilihan paling masuk akal ialah menunjuk Smith. Masalahnya, Smith juga berkompetisi bersama WithU Motorsport di MotoE, yang setiap serinya digelar pada pekan balap yang sama dengan MotoGP.

"Manajer Bradley sudah menginformasikan kepada timnya di MotoE bahwa ia akan menggantikan Andrea sampai ada pemberitahuan berikutnya. Bradley adalah test rider sekaligus pebalap cadangan kami, itulah alasan ia jelas akan memulai musim ini untuk kami," ujar Rivola via Speedweek, Jumat (19/6/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan Tepat

"Menjadikannya pebalap reguler kami untuk sementara adalah keputusan yang tepat. Bradley akan balapan sampai Andrea kembali. Selama musim panas, kami pun akan coba mencari tahu apakah Andrea bisa kembali ke lintasan tahun ini atau tidak," lanjut eks bos Scuderia Ferrari dan Scuderia Toro Rossi di Formula 1 ini.

Lalu, bagaimana jika Iannone tetap tak bisa membela Aprilia bahkan sampai 2021 mendatang? Aprilia pun punya banyak pilihan, seperti Miguel Oliveira, Francesco Bagnaia, Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow, dan Johann Zarco, yang kontraknya dengan masing-masing tim akan habis akhir musim nanti.

3 dari 3 halaman

Rider Berpengalaman

"Jika Andrea tak bisa balapan pada 2021, masih ada opsi menarik di 'pasar pembalap'. Jika para rider yang disebutkan itu tersedia, maka kami akan senang jika menggaet salah satu. Kami harus mempertimbangkan rider berpengalaman, karena motor kami masih baru dan butuh pengembangan. Rider veteran bisa menguntungkan," jelas Rivola.

Sumber: Speedweek

Disadur dari Bola.net, Anindhya Danartikanya, published 21/6/2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini