Sukses

Kompetisi Siap Bergulir Lagi, La Liga Siapkan 4 Inovasi Siaran Menarik

Perubahan terbesar untuk kembalinya kompetisi adalah siaran tervirtualisasi yang akan ditawarkan La Liga kepada mitra siaran internasional

Liputan6.com, Madrid - La Liga mengumumkan serangkaian inovasi penyiaran menjelang kembalinya kompetisi. Operator Liga Spanyol menjelaskan siaran baru yang akan menjadi bagian dari sebelas pertandingan tersisa di musim 2019/20.

Karena situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan pandemi COVID-19, pertandingan La Liga akan terlihat berbeda dengan sebelum liga ditunda.

Inovasi telah diimplementasikan dalam dua bidang utama: virtualisasi stand dan audio fan serta posisi kamera baru dan gambar yang akan mereka tawarkan kepada pemirsa. Keduanya akan dilakukan dengan bantuan mitra dan dilaksanakan oleh Mediapro, mitra produksi resmi La Liga.

"Kami telah melakukan perubahan penyiaran ini sehingga penggemar dapat menikmati LaLiga," kata Presiden La Liga Javier Tebas.

“Kami bekerja dengan mitra global untuk menawarkan pengalaman pemirsa yang hebat. Kami berada dalam situasi yang luar biasa, tetapi bagi kami, penting untuk dapat beradaptasi dan menawarkan siaran yang menarik dan terkini bagi para penggemar kami. ”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perubahan Besar

Perubahan terbesar untuk kembalinya kompetisi adalah siaran tervirtualisasi yang akan ditawarkan La Liga kepada mitra siaran internasional, yang akan memungkinkan pertandingan dilihat dengan cara yang menarik. Ini sangat mirip dengan bagaimana mereka terlihat dan terdengar sebelum kompetisi ditunda.

Untuk siaran ini, tribun akan divirtualisasi dan akan selalu menawarkan gambar skala penggemar yang duduk mengenakan warna klub tuan rumah. Untuk mengembangkan pengalaman digital ini, La Liga berkolaborasi dengan perusahaan Norwegia VIZRT, yang juga bekerja dengan liga Eropa lainnya.

Pada saat-saat ketika permainan dihentikan, gambar penggemar ini dapat diubah menjadi kanvas yang cocok dengan warna tim tuan rumah dan akan membawa pesan kelembagaan di antara penawaran lainnya.

3 dari 5 halaman

Suara Virtual

Siaran inovatif ini juga akan menampilkan suara virtual, yang telah diperoleh melalui kolaborasi dengan EA SPORTS FIFA, dalam proyek yang disebut Sounds of the Stands.

Melalui ini, perpustakaan audio sponsor resmi La Liga EA, yang direkam di stadion nyata, telah digunakan dan telah diadaptasi secara digital sehingga dapat diimplementasikan secara real time selama pertandingan.

Ini akan disesuaikan dengan aliran permainan saat situasi tertentu terjadi, seperti gol atau pelanggaran, menciptakan apa yang dikenal sebagai Audio Atmosfer.

4 dari 5 halaman

Kamera Baru

Pertandingan itu sendiri juga akan terlihat berbeda karena posisi kamera baru. Beberapa kamera akan menggeser lokasi mereka ke posisi di mana sebelumnya mereka akan mempengaruhi pandangan penggemar di tribun.

Di antara contoh-contoh lain, kamera udara akan memodifikasi jalur penerbangannya untuk menawarkan bidikan baru, kamera bangku akan dipindahkan ke stand yang berlawanan, sementara kamera robot akan digunakan di terowongan karena alasan keselamatan kesehatan.

5 dari 5 halaman

Dukungan Sponsor

Untuk meningkatkan dampak dari kembalinya kompetisi, inisiatif ini akan didukung oleh tokoh olahraga nasional dan internasional, yang telah berafiliasi dengan beberapa kegiatan dan akan terus melakukannya dalam beberapa hari mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.