Sukses

Derby Merseyside Everton Vs Liverpool Terancam Berlangsung di Tempat Netral

Liverpool - Kepolisian Merseyside siap untuk mengamankan pertandingan Premier League di markas Everton dan Liverpool. Namun, mereka tetap mematuhi kebijakan otoritas nasional bila pertandingan derby itu harus digelar di tempat netral.

"Kami tidak keberatan dengan pertandingan kandang Everton atau Liverpool yang dimainkan di kandang masing-masing. Kami memiliki hubungan kerja yang baik dengan kedua klub, dan kelompok penggemar mereka, dan kami dapat bekerja bersama sebelum dimulainya kembali musim," kata Wakil Kepala Polisi Merseyside, Rob Carden, dikutip dari Liverpool Echo, Jumat (29/5/2020).

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Inggris, Mark Roberts mengatakan, pihaknya ingin beberapa laga digelar di tempat netral, termasuk pertandingan penentu Liverpool meraih juara, yakni melawan Everton dan Crystal Palace.

Saat ini, derby Merseyside ke-236 itu masih dalam pembahasan. Mengacu pada imbauan Safety Advisory Group (SAG), laga itu harus digelar di tempat netral dan tanpa penonton.

Pemerintah khawatir akan terjadi kerumunan di luar stadion, terutama fans Liverpool untuk merayakan kemenangan tim.

"Keputusan akhir ada pada Safety Advisory Group, yang diketuai oleh Dewan Kota Liverpool. Mereka akan menentukan sesuai dengan protokol kesehatan pemerintah," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Mulai 17 Juni

Ke-20 klub telah sepakat untuk melanjutkan pertandingan pada 17 Juni dengan pertandingan antara Everton dan Liverpool dijadwalkan berlangsung pada 20 Juni.

"Berdasarkan diskusi dengan Premier League, kami fokus pada prioritas kesehatan masyarakat. Karena itu kami telah mencapai konsensus yang menyeimbangkan kebutuhan sepak bola dan meminimalkan risiko," kata Roberts kepada AP, dikutip dari Liverpool Echo.

“Mayoritas pertandingan yang tersisa akan dimainkan sesuai jadwal di kandang masing-masing, tapi ada beberapa pertandingan berlangsung di tempat netral," imbuhnya.

Sumber: Liverpool Echo

Disadur dari Bola.com (Wiwig Prayugi/Wiwig Prayugi, published 30/5/2020)