Sukses

Lionel Messi Terpengaruh Corona, Roger Federer Jadi Atlet Terkaya Versi Forbes

Liputan6.com, New York - Petenis Roger Federer mengukuhkan diri sebagai olahragawan dengan bayaran tertinggi di dunia tahun versi Forbes. Federer menyalip Lionel Messi yang pemasukannya terpengaruh virus Corona.

Federer mengantongi 106,3 juta dolar AS dalam 12 bulan terakhir, termasuk di antaranya 100 juta dolar AS hasil sponsor, untuk naik empat posisi dan menggeser Lionel Messi dari puncak.

Dia tercatat sebagai petenis pertama yang berhasil menduduki daftar teratas. Menyusul Federer adalah Cristiano Ronaldo (105 juta dolar AS), Messi (104 juta dolar AS), Neymar (95,5 juta dolar AS) dan LeBron James (88,2 juta dolar AS).

"Pandemi Virus Corona memicu pemotongan gaji bintang sepak bola yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Hal ini membuka jalan Federer untuk naik peringkat menjadi atlet tenis pertama dengan bayaran tertinggi di dunia," kata Kurt Badenhausen, editor senior Forbes.

"Dia merupakan sosok yang sempurna sponsor. Federer memiliki portofolio dukungan yang tak tertandingi dari merek-merek bluechip senilai 100 juta dolar AS per tahun."

2 dari 3 halaman

Hanya 2

Petenis Jepang Naomi Osaka (37,4 juta dolar AS) yang berada di peringkat ke-29 dalam daftar, menjadi atlet perempuan berpenghasilan tertinggi di dunia. Namun, terdapat ketimpangan dalam daftar.

Pasalnya, hanya dua atlet putri yang masuk penghitungan Forbes. Selain Osaka, nama lainnya adalah Serena Williams (36 juta dolar AS).

3 dari 3 halaman

Distribusi Cabor

Pebasket mendominasi daftar Forbes yang berisi 100 nama lewat kehadiran 35 atlet. Menyusul kemudian pelaku American football dengan 31 orang, meski tidak ada yang memiliki posisi lebih tinggi dari juara Super Bowl enam kali Tom Brady (45 juta dolar AS) yang menempati peringkat 25.

Sepak bola menjadi olahraga paling terwakili berikutnya dengan 14 pemain, diikuti tenis (enam), tinju dan MMA (lima), golf (empat), balap motor (tiga), serta bisbol dan kriket (masing-masing satu).