Sukses

4 Kandidat Bintang Baru Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Jakarta - Thailand berencana menurunkan skuat lapis kedua pada Piala AFF 2020. Meski begitu, niat sang raksasa Asia Tenggara tidak membuat kualitas kompetisi berkurang.

Selama ini, Piala AFF dikenal sebagai panggung untuk unjuk gigi para pemain seantero Asia Tenggara yang dipanggil timnasnya. Tak mengenal muda atau pun tua. Banyak bintang-bintang baru lahir pada turnamen ini di setiap edisinya.

Di Piala AFF 2018 misalnya. Muncul nama Supachai Jaided, penyerang Thailand, dan Ikshan Fandi, striker Singapura. Turnamen 2018 adalah kali pertama keduanya manggung di Piala AFF. Kini, keduanya telah beken di level timnas dan klub.

Untuk edisi kali ini, sejumlah pemain debutan di Piala AFF diyakini akan bersinar jika dipanggil timnas negaranya. Suphanat Mueanta, contohnya. Penyerang berusia 17 tahun itu berpeluang disertakan oleh Thailand.

Suphanat, yang notabene merupakan saudara laki-laki dari gelandang Thailand, Supachok Sarachat, bisa dipanggil Akira Nishino jika rencana menurunkan skuat lapis kedua terlaksana. Meski masih bau kencur, striker Buriram United itu sudah mampu mengemas delapan gol dari 23 penampilannya di Thai League 1 atau kasta teratas Liga Thailand.

Selain Thailand, Timnas Indonesia juga berkesempatan untuk memberikan debut bagi sejumlah pemainnya untuk Piala AFF dan diprediksi menjadi rising star. Siapa saja?

2 dari 5 halaman

Egy Maulana Vikri

Jika dipanggil dan tampil di Piala AFF 2020, Egy Maulana Vikri berpotensi untuk menjadi bintang Timnas Indonesia pada turnamen tersebut. Pengalamannya bermain di Eropa bersama klub Polandia, Lechia Gdansk, menjadi bekal untuknya.

Selain itu, Egy juga fasih bermain di berbagai posisi. Pemain berusia 19 tahun ini bisa diplot sebagai gelandang serang atau pun winger kanan.

Namun, Egy masih harus menghadapi beberapa persoalan. Ia belum tentu bisa bermain di Piala AFF 2020 jika Lechia Gdansk sebagai klubnya tidak melepasnya. Mengingat, turnamen tersebut tidak masuk ke dalam kalender FIFA.

Egy juga belum pernah bermain untuk Timnas Indonesia level senior. Karena itu pula, ia pasti memerlukan adaptasi lagi jika dipersiapkan untuk Piala AFF 2020.

3 dari 5 halaman

Asnawi Mangkualam

Beberapa pemain silih berganti mengisi posisi bek sayap kanan Timnas Indonesia dalam dua tahun belakangan. Namun di Piala AFF 2020, posisi tersebut diyakini telah mempunyai pemilik tetap.

Adalah Asnawi Mangkualam, bek PSM Makassar yang penampilannya harum di Timnas Indonesia U-22 ketika dilatih Indra Sjafri.

Di usianya yang masih berusia 20 tahun, Asnawi juga telah mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia. Shin Tae-yong memboyongnya untuk pemusatan latihan (training centre) di Jakarta pada Februari lalu.

Bakal mudah untuk Asnawi menyegel satu tempat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 mengingat pesaingnya di posisi bek sayap kanan, I Putu Gede dan Gavin Kwan Adsit kerap tampil kurang konsisten. Meski masih muda, penampilannya begitu agresif dan terbilang telah matang.

4 dari 5 halaman

Osvaldo Haay

Peluang Osvaldo Haay untuk menembus skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 terbuka lebar. Winger Persija Jakarta ini telah dipanggil Shin Tae-yong pada TC Februari lalu.

Osvaldo juga telah menunjukkan tajinya dengan menjadi pemain tersubur SEA Games 2019 bersama penyerang Vietnam, Ha Duc Chinh.

Meski begitu, Osvaldo perlu bersaing dengan banyak pemain di posisi winger. Pemain berusia 23 tahun ini bakal beradu kemampuan dengan sejumlah winger seperti Febri Hariyadi, Riko Simanjuntak, Saddil Ramdani hingga Andik Vermansah untuk diboyong ke Piala AFF 2020.

5 dari 5 halaman

Nadeo Argawinata

Satu lagi calon rising star Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Adalah Nadeo Argawinata, kiper muda potensial milik Bali United.

Nadeo adalah kiper reguler di Timnas Indonesia U-22 pada 2019. Penjaga gawang berusia 23 tahun ini berpotensi untuk menjadi pemain utama timnas senior selama Andritany Ardhiyasa dan Muhammad Ridho masih belum konsisten saat bermain.

Nadeo juga telah mengikuti TC Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong pada Februari lalu. Posturnya yang ideal dan pengalamannya di level internasional bersama timnas U-23 membuat mantan kiper Borneo FC ini layak diangkut ke Piala AFF 2020.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Wiwig Prayugi, published 23/5/2020)