Sukses

Lionel Messi dan Guardiola Nyaris Bergabung dengan Getafe

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi cukup identik dengan Pep Guardiola di Barcelona. Maklum, kerja sama mereka di Camp Nou mneghasilkan 14 gelar juara dalam empat musim, yakni 2008 dan 2012.

Lionel Messi dan Guardiola membawa Barcelona juara Liga Spanyol tiga musim beruntun, yakni 2008 hingga 2011. Selain itu, keduanya juga memberikan dua trofi Liga Champions dan sejumlah gelar juara lainnya.

Tapi, siapa sangka jika Lionel Messi dan Guardiola nyaris meninggalkan Barcelona. Keduanya hampir bergabung dengan klub papan tengah Liga Spanyol, Getafe.

Presiden Getafe Angel Torres mengaku pernah mencoba meminjam Lionel Messi ke Barcelona. Namun, permohonannya ditolak pelatih Barcelona saat itu, Frank Rijkaard.

"Pada tahun pertama atau kedua Messi di tim utama, kami nyaris saja membawanya ke Getafe dengan status pinjaman," kata Torres kepada Marca. "Pada akhirnya, Rijkaard tidak menyetujuinya dan kami hanya dibiarkan begitu saja."

 

 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Tukar Guardiola dengan Michael Laudrup

Sementara untuk Pep Guardiola, Torres mengaku sempat berharap ada pertukaran pelatih pada 2007. Ketika itu, Torres ingin menukar Michael Laudrup yang melatih Getafe dengan Guardiola yang masih berstatus pelatih di Barcelona B.

Dia mengungkapkan Guardiola pada awalnya bukan pilihan pertama Barcelona untuk menggantikan Rijkaard. "Idenya adalah Laudrup akan pergi ke Barcelona dan kami bakal mendapatkan Guardiola sebagai penggantinya," ujarnya.

"Laporta sama sekali tidak diyakinkan oleh Pep."

Namun, sama seperti Lionel Messi, pertukaran pelatih itu tidak terjadi. Keduanya tetap di Barcelona hingga akhirnya Guardiola mundur pada 2012.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Spanyol