Sukses

Segera Dimulai, Begini Sistem Pertandingan IBL Esports Competition

Pada seri pertama ini, delapan pemain akan bertanding video game NBA 2K20 di PS4

Liputan6.com, Jakarta- Guna meramaikan bulan Ramadan di tengah pandemi virus corona Covid-19, para pebasket IBL bakal adu kehebatan bermain game basket di PlayStation (PS4). IBL Esports Competition di bagi dua seri. Seri pertama akan tayang di channel youtube IBL, 4-8 Mei 2020.

Pada seri pertama ini, delapan pemain akan bertanding video game NBA 2K20 di PS4. Periode kedua IBL Esports Competition akan berlangsung 12-15 Mei dan juga diikuti delapan pemain yang berbeda.

Empat pertandingan seru seri pertama mempertemukan M. Alan As'adi (Bima Perkasa) melawan Valentino Wuwungan (Pelita Jaya), Sandy Ibrahim Azis (Satria Muda) menantang Widyanta Putra Teja (NSH), Daniel Wenas (Louvre) vs Aditya Lumanauw (Hangtuah) dan Alba Pedro (Prawira) vs Daniel Anggoro (Satya Wacana).

"Kompetisi ini adalah sebuah inovasi kegiatan digital selama off season. Menjaga hubungan dan kedekatan antara klub, pemain dan penggemar mereka," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

Para pemain IBL ini bakal bertanding memakai klub-klub NBA yang tersedia di NBA 2K20. Namun saat bertanding setiap pemain tetap menggunakan atribut tim mereka masing-masing.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Rumah

IBL Esports Competition tak membuat para pemain harus saling bertemu. Karena adanya peraturan menjaga jarak sosial selama pandemi virus corona Covid-19, para pemain bertanding dari rumahnya masing-masing.

Ketua umum PP Perbasi, Danny Kosasih mendukung penuh inovasi dari manajemen IBL. "Kegiatan ini bagus buat mengisi waktu di tengah jeda kompetisi. Para pemain yang selama masa stay at home hanya berlatih personal tanpa ada pertandingan, juga bisa mengurangi kejenuhan mereka dengan kompetisi Esports ini," kata Danny.

3 dari 3 halaman

Format

Turnamen akan menggunakan sistem gugur di babak penyisihan dengan waktu permainan adalah empat menit per kuarter. Pada babak semi final dan final waktu bermain tetap 4 menit per kuarter tetapi dengan format pertandingan best of three. Peserta hanya diberi waktu 5 menit untuk melakukan setting formasi sebelum pertandingan dimulai.

Ketika pertandingan berlangsung, peserta dilarang menekan tombol pause. Peserta boleh menekan tombol pause atau melakukan pergantian pemain dan formasi pada fase time out. Jika pemain melanggar akan diberikan peringatan, dan bila kembali melakukan pelanggaran peserta akan didiskualifikasi. Mereka juga dilarang menggunakan cheat atau trik curang apapun yang merugikan lawan.

Para pemain akan menggunakan tim NBA saat ini. Bukan tim klasik ataupun All Star NBA. Pada babak best of three para pemain diwajibkan mengirimkan tiga pilihan tim NBA mereka kepada panitia. Mereka tidak boleh menggunakan tim NBA yang sudah mereka mainkan pada babak sebelumnya. Tiga tim NBA pilihan ini wajib dimainkan saat putaran semifinal dan final.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini