Sukses

Jerez, Le Mans, Mugello, atau Catalunya Jadi Seri Pembuka MotoGP 2020?

Balapan MotoGP di Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya belum memiliki kalender baru setelah ditunda karena pandemi virus Corona.

Liputan6.com, Roma - Dorna berencana memilih salah satu dari empat balapan yang belum memiliki jadwal untuk menjadi seri pembuka MotoGP 2020. Operator kompetisi berniat memulai kampanye pada Juli.

Balapan di Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya belum memiliki kalender baru setelah ditunda karena pandemi virus Corona.

Saat ini Sirkuit Brno dijadwalkan sebagai ajang pertama MotoGP 2020 pada 9 Agustus mendatang. "Kami ingin memulai pada akhir Juli. Di mana dan kapan, bakal segera ditentukan," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dilansir Crash.

Dorna membiarkan status keempat balapan tersebut mengambang untuk waktu cukup lama. Berbeda dengan kondisi balapan di Jerman, Belanda, dan Finlandia.

Mereka memutuskan membatalkan seri MotoGP di ketiga negara tersebut, mengikuti jejak Qatar. Sementara dua balapan lain yang terpengaruh pandemi virus Corona, yakni Amerika Serikat dan Argentina, sudah dijadwal ulang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mustahil Digelar

Ezpeleta menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut. Dia memperkirakan penyelenggaraan kompetisi 2020 hampir pasti berlangsung tanpa penonton.

Sedangkan Jerman dan Belanda memiliki daya tarik besar bagi suporter. Dalam kondisi ini, Dorna dan panitia lokal memutuskan lebih baik membatalkan.

Sementara posisi Finlandia berbeda sendiri. KymiRing belum memiliki homologasi dan menjalani tes ban. "Menggelar balapan di tiga lokasi itu tanpa penonton sangat sulit dilakukan," ujar Ezpeleta.

3 dari 3 halaman

Kalender Sementara

Waktu-Negara-Sirkuit

9 Agustus: Ceko - Brno

16 Agustus: Austria - Red Bull Ring

30 Agustus: Inggris - Silverstone

13 September: San Marino - Misano

27 September: Spanyol - MotorLand Aragon (telah dijadwal ulang)

4 Oktober: Thailand - Buriram (telah dijadwal ulang)

18 Oktober: Jepang - Twin Ring Motegi

25 Oktober: Australia - Phillip Island

1 November: Malaysia - Sepang

15 November: Amerika Serikat - Austin (telah dijadwal ulang)

22 November: Argentina - Termas de Rio Hondo (telah dijadwal ulang)

29 November: Spanyol - Valencia (telah dijadwal ulang)

 

Belum Ditentukan

Spanyol - Jerez

Prancis - Le Mans

Italia - Mugello

Spanyol - Catalunya

 

Dibatalkan

Qatar - Losail

Jerman - Sachsenring

Belanda - Assen

Finlandia - KymiRing

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.