Sukses

Boaz Solossa dan Para Pemain Setia di Liga Indonesia

Jakarta- Loyalitas menjadi barang langka di sepak bola modern. Godaan materi membuat kesetiaan kerap tergadaikan. Namun, masih ada pemain di Liga Indonesia, khususnya Shopee Liga 1 2020, yang memilih tetap membela satu klub dalam kurun waktu yang lama.

Trio Persipura Jayapura, misalnya. Boaz Solossa, Ian Louis Kabes, dan Yustinus Pae telah memperkuat tim berjulukan Mutiara Hitam itu lebih dari sepuluh tahun. Nama pertama dan kedua sejak 2005, sedangkan sosok ketiga sejak 2007.

Dalam kurun waktu tersebut, Persipura empat kali menjuarai Liga Indonesia pada 2005, 2008-2009, 2010-2011, 2013 plus satu gelar Indonesia Soccer Championship (ISC) A, kejuaraan pengganti kompetisi, pada 2016.

Ketiganya terbilang tidak pernah berpaling dari Persipura. Khusus Boaz, penyerang berusia 34 tahun ini pernah dipinjamkan ke Borneo FC dan klub Timor Leste, Carsae pada 2015 dan 2016. Namun, kala itu, kompetisi berhenti dan Mutiara Hitam sedang vakum.

"Belum ada pemain yang setia seperti Boaz dan Eduard Ivakdalam. Saya sangat salut dengan mereka. Mereka begitu setia membela tanah kelahirannya," ujar Ketua Persipura, Benhur Tomi Mano pada Desember 2017.

"Mungkin zaman sudah berubah dan kami tak bisa larang pemain untuk pindah. Jadi sudah sulit sekali memang punya pemain seperti Boaz. Dia bermain dengan hati, bukan kejar uang semata. Kesetiaan seperti Baoz menjadi barang mahal saat ini," lanjutnya.

Persib Bandung saat ini punya dua pemain yang telah berkostum klub selama lima tahun atau lebih. Satu di antaranya ialah I Made Wirawan, yang bergabung sejak 2013.

Supardi Nasir juga cukup lama berbaju tim berjulukan Pangeran Biru. Totalnya mencapai enam musim Liga Indonesia sejak 2013. Namun, pada 2015-2016, dia membela Sriwjaya FC.

2 dari 3 halaman

Kesetiaan Duo Arema FC

Arema FC memiliki dua pemain yang kesetiaannya tidak diragukan. Ada Dendi Santoso, yang tidak pernah pindah dari tim berjulukan Singo Edan tersebut sejak 2008 dan Hendro Siswanto, yang delapan tahun berkostum tim kebanggaan Aremania ini.

Rasyid Bakri juga menjadi sedikit pemain loyal di Liga Indonesia. Pemain berusia 29 tahun tersebut telah membela PSM Makassar sejak 2011 dan belum berpindah klub.

Aditya Harlan juga termasuk ke dalam pemain setia di Liga Indonesia. Sudah sejak delapan tahun lalu kiper kelahiran Jakarta ini memperkuat Barito Putera.

"Saya ingin mengakhiri karier di sini. Klub ini sudah seperti keluarga bagi saya," ujar Harlan medio November 2017.

"Saya sudah nyaman dengan suasana di sini, masyarakat dan juga suasana religinya bagus. Kemudian kekeluargaan di tim dan juga pengurusnya juga sudah kenal baik," tutur Harlan.

3 dari 3 halaman

Ismed Sofyan Paling Lama

Menurut catatan Bola.com, Ismed Sofyan menjadi pemain aktif terlama yang membela satu klub di Indonesia. Bek berusia 40 tahun tersebut sudah 18 musim memperkuat Persija Jakarta.

Sudah berusia gaek, Ismed masih belum ingin pensiun.

“Saya masih punya kontrak dengan Persija hingga tahun depan. Jadi belum ada berpikiran untuk pensiun dalam waktu dekat,” tutur Ismed.

Selain Ismed, Persija masih punya Andritany Ardhiyasa. Penjaga gawang berusia 28 tahun itu memasuki musim ke-10 bersama tim ibu kota.

Disadur dari Bola.com (penulis Muhammad Adiyaksa, Published 9/4/2020)