Sukses

6 Tips Aman Belanja Makanan Agar Tak Tertular Corona Covid-19

Jakarta - Pandemi Corona COVID-19 membuat masyarakat diimbau menjalani karantina mandiri untuk mengurangi penyebaran virus corona SARS-CoV-2. Selama masa ini, masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Masyarakat juga diimbau untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah (WFH), juga belajar dan beribadah di rumah. Masyarakat hanya dapat keluar rumah dengan alasan mendesak seperti membeli persediaan makanan.

Dengan situasi terkini, tidak sedikit orang khawatir makanan seperti sayur dan buah yang dibeli di pasar atau supermarket terpapar Corona.

Tak jarang, ada sebagian orang melakukan antisipasi, langsung mencuci dengan sayuran atau buah dengan sabun sebelum dikonsumsi.

Padahal, cara semacam itu belum tentu aman bagi kesehatan.

Melansir ScienceAlert, Kamis (2/4/2020), ahli mikrobiologi dan keamanan pangan Universitas Rutgers, Donald Schaffner, memberikan ulasan terkait cara aman berbelanja bahan makanan dan setelah pulang berbelanja agar tak terpapar virus corona.

Berikut Bola.com merangkumnya untuk Anda agar terhindar dari kecemasan terpapar Corona saat berbelanja.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Aman Berbelanja Makanan agar Tak Terpapar Virus Corona

1. Gunakan masker dan pakaian lengan panjang saat keluar rumah menuju supermarket

2. Jaga jarak sangat membeli dan mengantre membayar di supermarket

3. Sedia hand sanitizer secara mandiri

4. Pakai tas belanjaan sendiri dan rawat dengan baik

5. Cuci tangan dengan sabun setelah sampai di rumah

6. Jangan mencuci sayur dengan sabun, karena sabun tidak dibuat untuk dimakan serta dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare jika tertelan.

Sumber: ScienceAlert

 

3 dari 3 halaman

#amandirumah

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.