Sukses

Xi Jinping Telepon Jokowi, China Siap Bantu Indonesia Lawan Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Presiden China Xi Jinping menyatakan siap mendukung dan membantu Indonesia dalam mengatasi pandemi Virus Corona COVID-19 saat ini. Hal itu disampaikan Xi dalam pembicaraan via telepon dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Menurut Xi, penyakit COVID-19 sedang menyebar dengan cepat di beberapa negara dan kawasan, termasuk Indonesia. Atas nama pemerintah dan masyarakat China, Xi menyampaikan rasa simpati yang tulus kepada rakyat Indonesia.

"Setelah perjuangan yang berat, masyarakat China berhasil keluar dari masa yang paling sulit," ujar Xi, seraya menambahkan bahwa China memahami kesulitan yang dihadapi Indonesia dan bersedia menawarkan bantuan.

"China yakin bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan dapat mengalahkan wabah (Virus Corona) tersebut," kata Xi.

Dia juga menekankan, dalam menghadapi pandemi parah ini, China dan Indonesia saling memberikan dukungan, yang menunjukkan persahabatan erat dalam berbagi suka maupun duka serta saling membantu di antara kedua negara.

"Epidemi tersebut merupakan tantangan bersama bagi seluruh umat manusia, dan hanya dengan memupuk sinergi yang kuatlah komunitas internasional dapat mengalahkannya," tegas Xi, seperti dilansir Xinhua, Jumat (3/4/2020).

Ia menyarankan, China dan Indonesia harus bekerja sama dengan erat untuk mendorong ekonomi utama Kelompok 20 (G20) dan komunitas internasional memainkan peran mereka dalam respons krisis dan tata kelola ekonomi global.

"China akan menjunjung tinggi visi pembangunan sebuah komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, membagikan pengalamannya dan memberikan bantuan sebanyak mungkin untuk perjuangan global melawan COVID-19, serta bekerja sama dengan negara-negara lain untuk mendorong pengembangan kesehatan masyarakat global dan membangun komunitas kesehatan bersama bagi umat manusia," ungkap dia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Jokowi

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat China telah mencetak pencapaian penting dalam memerangi epidemi itu, yang dapat menjadi pembelajaran bagi dunia.

Jokowi mengucapkan terima kasihnya kepada China atas bantuan material dan dukungan berharga mereka untuk perjuangan Indonesia melawan COVID-19, dengan mengatakan bahwa bantuan China sangat penting bagi Indonesia.

"Virus tidak mengenal batas dan merupakan musuh bersama umat manusia," ujar Presiden Jokowi, seraya menekankan bahwa Indonesia sangat menentang tindakan stigmatisasi dan siap bekerja sama dengan China untuk memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional.

"Indonesia berharap dapat bekerja dengan China untuk memperdalam kerja sama dan mendorong pengembangan hubungan bilateral kedua negara," imbuh Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: