Sukses

5 Blunder Fatal Kiper di Liga Inggris 2019-2020, Termasuk Alisson Becker

Lima kiper ini, termasuk Alisson Becker, pernah melakukan blunder konyol di Liga Inggris musim 2019-2020.

Jakarta Kiper menjadi palang pintu yang paling penting di kompetisi sepak bola super ketat seperti di Liga Inggris. Meski jadi bagian penting, tapi pamor mereka dinilai kalah gemerlap daripada posisi gelandang atau striker yang lebih sering dielu-elukan.

Posisi kiper juga jarang memenangi gelar individual bergengsi, seperti Ballon d'Or. Meski, kini ada penghargaan individual bergengsi buat kiper, seperti the Yasin Trophy.

Seorang kiper bisa menjadi pahlawan, atau sebaliknya, pecundang, bagi klubnya di Liga Inggris. Jadi pahlawan saat mampu membantu tim memenangkan pertandingan.

Namun, kiper juga menjadi pihak yang paling disalahkan jika timnya mengalami kekalahan.

Apalagi, jika melakukan blunder konyol yang berbuah gol. Lihat saja, media sosial mereka akan ramai dengan cibiran di kolom komentar.

Premier League, satu di antara kompetisi elite di dunia, juga diwarnai dengan blunder konyol para kiper. Tak jarang kesalahan mereka berbuah kehilangan poin penting yang akan diraih di depan mata.

Berikut Bola.com merangkum enam momen blunder konyol kiper, khusus di kompetisi Liga Inggris musim 2019-2020 sejauh ini, dilansir dari Sportskeeda, Rabu (1/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dean Henderson (Sheffield United Vs Liverpool, 28 September 2019)

Sheffield United bisa menjadi tim pertama yang mengambil poin dari Liverpool musim ini andai Dean Henderson tak melakukan blunder konyol. Padahal, Sheffield United gemilang meredam lini depan The Reds sampai menit ke-69.

Namun, pada menit ke-70, Dean Henderson gagal menangkap bola sepakan Georginio Wijnaldum dari tepi kotak penalti. Bola yang akan ia tangkap malah meluncur mulus melewati sela-sela kakinya.

3 dari 6 halaman

2. Roberto Jimenez (Burnley Vs West Ham United, 11 November 2019)

Kiper West Ham United, Roberto Jimenez, melakukan kesalahan fatal ketika menghadapi Burnley di Turf Moor, Sabtu (9/9/2019). Gawang West Ham pun bobol tiga kali.

Satu di antara gol Burnley adalah bunuh diri Roberto Jimenez sendiri. Sang kiper salah mengantisipasi sepakan pojok Burnley menit ke-54.

4 dari 6 halaman

3. Alisson Becker (Liverpool Vs Brighton & Hove Albion, 30 November 2019)

Kiper sekelas Alisson Becker juga pernah membuat blunder di Premier League 2019-2020. Ia membuat kesalahan konyol kala Liverpool menghadapi Brighton & Hove Albion di Anfield (30/11/2019).

Saat itu, Liverpool unggul 2-0 dan Brighton berusaha membangun serangan balik untuk mengejar keunggulan lawan pada menit ke-76. Melihat lini belakang kosong Alisson beinisiasi menghalau bola. Namun, ia malah menahan laju bola dengan tangan di luar kotak penalti.

Tak anyal, Alisson Becker mendapat kartu merah langsung. Brighton pun sukses memperkecil ketertinggalan melalui tendangan bebas Lewis Dunk menit ke-79.

5 dari 6 halaman

4. David De Gea (Watford Vs Manchester United, 12 Desember 2019)

David de Gea masih dipandang sebagai penjaga gawang kelas dunia. Meski, kiper berpaspor Spanyol itu kerap melakukan banyak kesalahan pada beberapa musim terakhir.

Terbaru, De Gea membuat blunder konyol kala Manchester United melawat ke markas Watford, 12 Desember 2019.

Ia gagal menghalau sepakan pelan Ismal Sarr di depan gawang. Bahkan De Gea seperti menepuk angin dan membiarkan bola lepas dari jangkauannya.

Manchester United pun akhirnya kalah dengan skor 0-2 dari Watford.

6 dari 6 halaman

5. Kepa Arrizabalaga (Newcastle Vs Chelsea, 18 Januari 2020)

Kepa Arrizabalaga masih belum bisa membayar transfer mahal Chelsea dengan performa menawan di lapangan. Saat melawan Newcastle United di St James Park, 18 Januari 2020, Kepa kembali mendapat sorotan.

Ia gagal menangkap bola sundulan Isaac Hayden pada menit ke-90+4, yang terbilang pelan. Bola yang ingin ditangkap malah mengenai tangan dan memantul ke tanah, lalu masuk ke gawang.

Itu merupakan satu-satunya gol pada pertandingan tersebut dan Chelsea gagal membawa pulang poin dari markas Newcastle.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto,published 1/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.