Sukses

Physical Distancing Cegah Penularan Covid-19, BNPB Tawarkan Cara Usir Rasa Bosan di Rumah

Berada di rumah selama pandemi global virus Corona Covid-19 dianggap sebagai salah satu solusi untuk memutus rantai penyebaran virus ini.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah ancaman virus Corona Covid-19 yang semakin nyata, tuntutan untuk tetap berada di rumah dianggap menjadi salah satu cara paling ampuh dalam memutus rantai penularannya. Namun bagi sebagian orang yang terbiasa dengan aktivitas di luar rumah, kegiatan ini terkadang membosankan. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui situas resminya, meminta semua pihak untuk mematuhi anjuran tersebut. Dan untuk mengusir rasa bosan selama berada di rumah, BNPB juga telah merilis artikel seputar kegiatan sederhana sekaligus memiliki manfaat untuk mengurangi tingkat stres. 

"Banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya menanam pohon di perkarangan rumah, itu bisa membantu mengendalikan emosi selama di social distancing," kata Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Purnawan, di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Minggu (29/3).

Selain menanam di pekarangan rumah, kegiatan mengasuh cucu menurut Purnawan, juga bisa jadi aktivitas yang menyenangkan menghalau kebosanan di rumah. "Perhatikan cucu juga bisa," katanya.

Kendati demikian, hal yang perlu diperhatikan adalah kesadaran kita bahwa kakek atau nenek rentan terjangkit, sedangkan cucu biasanya tahan tetap bisa menjadi 'carrier' bagi orang di sekitarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Jaga Kebersihan

Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta masyarakat tetap tinggal di rumah dan melakukan kegiatan produktif dengan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

Selama di rumah, masyarakat juga diminta tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona memutus mata rantai penularan penyakit Covid-19. 

3 dari 3 halaman

Daftar Pesepak Bola Positif Covid-19

Sementara itu, dampak penyebaran virus Corona Covid-19 di dunia semakin meluas. Siapapun kini bisa terjangkit virus ini, termasuk kalangan atlet maupun pesepak bola. 

Teranyar, mantan pemain Celta Vigo, Toni Dovale dinyatakan positif virus corona covid-19. Dovale saat ini berada di Spanyol setelah sempat bermain di Liga Thailand bersama Navy FC. Dovale diketahui sempat menjadi pegawai di apotik milik keluarganya saat pandemi global virus corona Covid-19. 

Masib banyak pesepak bola yang juga terjangkit virus Covid-19. Siapa saja, ikuti berita selengkapnya di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini