Sukses

Ciri-Ciri Orang Terinfeksi Virus Corona Covid-19, Dari Demam hingga Sesak Napas

Penyebaran virus corona covid-19 terus mengancam, termasuk di Indonesia.

Jakarta - Penyebaran virus corona covid-19 terus mengancam, termasuk di Indonesia. Hingga Minggu (22/3), total 514 tercatat positif terjangkit virus ini, dengan 48 orang korban meninggal.

Hal itu diungkap Juru bicara pemerintah untuk virus Corona Achmad Yurianto dalam jumpa persnya di Jakarta, terkait, jumlah kasus positif corona Covid-19.

Jumlah itu diperkirakan akan bertambah. Tindakan pencegahan pun sangat perlu dilakukan agar kasus baru COVID-19 bisa diredam.

Berbagai gerakan untuk hidup sehat pun terus digaungkan. Seperti ajakan untuk rajin mencuci tangan, menjauhi berada di tempat-tempat umum, mengenakan masker bagi mereka yang merasa kurang sehat, hingga imbauan bekerja dari rumah terus digalakkan.

Secara global, sesuai data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sudah 294 ribu orang lebih di 186 negara terjangkit virus ini. WHO sudah menyatakan wabah virus Corona covid-19 atau SARS-CoV-2 sebagai pandemi.

 

Saksikan Video terkait Virus Corona di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bisa Menginfeksi Semua Lapisan Usia

Virus Corona covid-19 bisa menginfeksi semua lapisan usia, tua muda, dewasa, anak-anak, bayi, pria dan wanita. Bahkan, orang yang terlihat sekalipun bisa terkena virus yang kali pertama ditengarai muncul di Wuhan, China ini.

Alhasil, penting bagi masyarakat untuk mengetahui seperti apa ciri orang yang terinfeksi atau terjangkit virus Corona SARS-CoV-2 yang satu keluarga dengna virus penyebab MERS dan SARS ini.

Berikut Liputan6.com melalui Bola.com merangkum, ciri-ciri orang yang terkena virus Corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19:

 

3 dari 6 halaman

Ada 3 Ciri Umum

Seperti dilansir dari laman Alo Dokter, Senin (23/3/2020), ada tiga ciri umum seseorang terinfeksi virus Corona, yakni mengalami demam, batuk, dan sesak napas.

Secara khusus, seseorang yang terjangkit virus Corona akan mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala, atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Menurut penelitian, gejala penyakit COVID-19 muncul dalam waktu dua hari sampai dua minggu setelah terjangkit virus Corona.

4 dari 6 halaman

1. Demam

Demam merupakan gejala dari berbagai kondisi dan penyakit. Demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius. Sementara suhu normal berkisar 36,1 hingga 37,2 derajat.

Biasanya, demam akan disertai gejala lain akibat kondisi yang mendasarinya. Beberapa di antaranya, semisal sakit kepala, berkeringat, menggigil, lemas, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.

5 dari 6 halaman

2. Batuk

Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan.  Satu di antara dari ciri orang terinfeksi virus ini adalah mengalami batuk.

Terinfeksi virus ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

 

6 dari 6 halaman

3. Sesak Napas

Virus Corona yang menjangkiti seseorang bisa menyebabkan penderita mengalami sesak napas atau dispnea. 

Dispnea merupakan kondisi di mana seseorang kesulitan untuk bernapas, muncul perasaan seperti tercekik dan dada terasa sempit.

 

Sumber: Alo Dokter

Disadur dari Bola.com (Aning Jati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.