Sukses

FIFA Batal Kunjungi Indonesia Untuk Tetapkan Stadion Piala Dunia U-20 2021

PSSI telah menyiapkan 11 stadion untuk Piala Dunia U-20 2021.

Jakarta - Penetapan stadion untuk Piala Dunia U-20 2021 terpaksa ditunda. Pasalnya, FIFA membatalkan kunjungan ke Indonesia setelah makin mewabahnya virus Corona.

FIFA seharusnya menyambangi Indonesia pada 20-22 Maret 2020 untuk menginspeksi calon stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Ada 11 venue yang disiapkan oleh PSSI. Setelah pengecekan, kedua belah pihak direncanakan memilih enam arena di antaranya.

"Bisa saya pastikan FIFA batal datang ke Indonesia untuk melakukan finalisasi venue. Mereka gagal datang kerena melihat situasi yang seperti ini," ujar Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Bagi FIFA, kegagalan pergi ke Indonesia merupakan yang kali kedua kalinya. Sebelumnya, delegasi Federasi Sepak Bola Dunia itu juga membatalkan perjalanan pertama pada 10 Maret lalu akibat penyebab yang sama; pandemi virus Corona.

Masih belum diketahui  apakah FIFA akan kembali menjadwalkan ulang lawatan ke Indonesia. Untuk saat ini, PSSI memilih untuk menjemput bola dengan mengirimkan dokumen 11 stadion ke FIFA.

"Tapi meski mereka batal datang, kami akan tetap mengirimkan dokumen 11 stadion yang sudah kami ajukan ke FIFA, agar bisa dipilih enam stadion," jelas Iriawan.

Iriawan berharap FIFA segera memilih enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Sebab, pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu telah ditagih Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpu PR) yang ingin membangun dan merenovasi infrastruktur.

Adapun, Piala Dunia U-20 2021 akan berlangsung pada Mei-Juni tahun depan. Indonesia sebagai tuan rumah berhak lolos otomatis ke babak penyisihan.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

11 Calon Stadion Piala Dunia U-20 2021

1. Stadion Utama Riau, Pekanbaru

2. Stadion Jakabaring, Palembang

3. Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

4. Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor

5. Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi

6. Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi

7. Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung

8. Stadion Mandala Krida, Yogyakarta

9. Stadion Manahan, Solo

10. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

11. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.