Sukses

3 Alasan Dean Henderson Pantas Gantikan David De Gea di MU

Berikut alasan mengapa Dean Henderson sangat layak menggantikan David de Gea sebagai kiper utama MU.

Jakarta- Penampilan David De Gea kembali jadi sorotan setelah Manchester United (MU) cuma mampu bermain 1-1 kontra Everton, Minggu (1/3/2020) malam WIB di Goodison Park. 

Pada laga tersebut, De Gea melakukan blunder fatal yang berujung gol tim tuan rumah. Sejatinya, De Gea bermaksud menendang jauh bola ke depan dari kotak penalti.

Namun, bola tendangan De Gea justru mengenai kaki Calvert Lewin dan langsung meluncur masuk ke gawang Setan Merah. Alhasil, Everton unggul saat pertandingan baru berjalan tiga menit.

Beruntung, Bruno Fernandes berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-31. Gol Fernandes tersebut sangat penting karena menghindarkan Setan Merah dari kekalahan.

Di sisi lain, blunder yang dilakukan De Gea tersebut merupakan yang ketujuh sejak awal Premier League musim lalu. Kondisi buruk tersebut pastinya bisa membuat posisi David De Gea sebagai kiper utama MU terancam.

Satu di antara mungkin bisa menggantikan posisi De Gea ialah Dean Henderson. Saat ini, penjaga gawang berusia 22 tahun itu sedang dipinjamkan ke klub Premier League, Sheffield United.

Ada beberapa alasan mengapa Dean layak menggantikan posisi David De Gea sebagai kiper utama MU. Berikut ini Bola.com merangkumnya dari Sportskeeda, Selasa (3/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. David De Gea Sudah Melewati Puncak Penampilan

Performa David De Gea sejak Piala Dunia 2018 perlahan menurun. Hal tersebut berdampak pada penampilannya bersama Manchester United.

Pemain asal Spanyol itu masuk jajaran kiper yang sering melakukan blunder sejak musim 2013-2014. Total sudah 10 kesalahan fatal yang sudah dilakukan De Gea.

Jika De Gea tak kunjung memperbaiki penampilannya, mungkin Setan Merah sudah waktunya melepas sang pemain. Beberapa klub seperti Paris Saint Germain dan Juventus bisa dikatakan siap dalam hal finansial untuk menampung De Gea.

Setelah De Gea pergi, Manchester United tidak perlu pusing mencari penggantinya. Dean Henderson yang saat ini dipinjamkan bisa ditarik kembali pada musim panas mendatang.

3 dari 4 halaman

2. Usia Dean Henderson Bisa Menjadi Kiper Jangka Panjang

Satu di antara tantangan terbesar klub-klub Premier League ialah mencari kiper jangka panjang. Klub-klub seperti Arsenal, Everton, dan Manchester City pernah mendapat tantangan tersebut beberapa waktu lalu.

Melihat performa David De Gea baru-baru ini, Manchester United perlu mempertimbangkan mengganti kiper utama itu. Penampilan apik Dean Henderson di Premier League musim ini tentunya bisa dijadikan pertimbangan Setan Merah.

Kiper berusia 22 tahun itu pantas menjadi penjaga gawang utama Manchester United jika diperlukan.

4 dari 4 halaman

3. Statistik Dean Henderson Lebih Baik daripada David De Gea

Dean Henderson tampil mengesankan bersama Sheffield United musim ini. Dalam hal statistik, pemain berusia 22 tahun itu lebih baik ketimbang kiper utama Manchester United saat ini, David De Gea.

Dean Henderson tercatat memiliki 9 clean sheet, sementara De Gea baru mengukir lima clean sheet. Kemudian dalam hal penyelamatan, Dean Henderson sudah melakukan 79 kali.

Sedangkan David de Gea, baru melakukan 65 kali penyelamatan di Premier League musim ini. Padahal secara pengalaman, De Gea tentunya lebih baik ketimbang Dean Henderson.

Jika Henderson bisa mempertahankan statistik apiknya, bukan tidak mungkin ia akan memiliki puncak performa saat kembali ke Manchester United.

 Disadur dari Bola.com (penulis Faozan Tri Nugroho, editor Yus Mei, Published 3/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.