Sukses

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Stadion Parken

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan Sepak Bola Eropa 2020 atau Piala Eropa 2020 akan digelar mulai 12 Juni hingga 12 Juli. Sebanyak 24 negara di Eropa sudah bersiap memperbutkan gelar bergengsi Juara PialaEropa 2020.

Namun, di Piala Eropa 2020 yang kini sudah memasuki edisi ke-16 ini, ada perubahan yang cukup mencolok. Pada hajatan kali ini, kompetisi ini menggunakan format baru, yakni tidak menunjuk satu atau dua tuan rumah saja, tapi diselenggarakan di berbagai negara.

Gelaran sepak bola terbesar Benua Biru tahun ini akan dilangsungkan di 12 stadion yang tersebar di 12 negara Eropa. Perubahan format dilakukan dalam rangka memperingati 60 tahun berlangsungnya Piala Eropa.

Ke-12 negara yang berhasil terpilih menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020 itu adalah Inggris, Azerbaijan, Jerman, Italia, Rusia, Hungaria, Belanda, Rumania, Spanyol, Denmark, Skotlandia, dan Republik Irlandia.

Salah satu negara yang dapat kehormatan jadi penyelenggara yaitu Denmark. Stadion yang akan digunakan adalah Parken Stadium yang terletak di Copenhagen, Denmark. Di Stadion Parken akan digelar empat laga, tiga di fase grup dan satu partai 16 besar.

Stadion di negara Eropa Utara ini, merupakan markas dari klub Superliga Denmark, F.C. Copenhagen dan tim nasional sepak bola Denmark. Stadion ini menjadi venue terkecil di Piala Eropa 2020 dengan kapasitas yang hanya 38 ribu penonton.

Meski stadion ini hanya boleh menampung 38.000 penonton dalam satu pertandingan sepakbola, namun stadion ini dapat menampung sekitar 50.000-55.000 penonton apabila menggelar suatu konser.

2 dari 6 halaman

Sejarah Pembangunan Stadion

Stadion Parken dibangun di lokasi mantan stadion nasional timnas Denmark, Stadion Idrætsparken, pernah berdiri. Stadion ini dibangun oleh investor Baltica Finans A/S yang diganti dengan jaminan dari Asosiasi Sepak Bola Denmark bahwa semua pertandingan tim nasional akan diselenggarakan di Stadion Parken.

Membutuhkan biaya hampir 640 juta krona untuk konstruksi ulang, perobohan stadion lama, dan pembangunan kembali tiga perempat tribun asli, . Parken termasuk ke dalam stadion bintang empat versi UEFA. Karena itu, stadion memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah babak final Liga Europa dan Piala Winners (kini sudah tidak berlangsung).

Sayangnya, Parken masih belum bisa menjadi tuan rumah babak final Liga Champions. Pasalnya, belum memenuhi syarat sebagai stadion bintang 5 dan memiliki lebih dari 50.000 kursi.

3 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020 di Stadion Parken

Berikut jadwal lengkap Denmark pada Grup B Euro 2020:

13 Juni 2020 Denmark vs Finlandia di Stadion Parken, Copenhagen

18 Juni 2020 Denmark vs Belgia di Stadion Parken, Copenhagen

22 Juni 2020 Rusia vs Denmark di Stadion Parken, Copenhagen

4 dari 6 halaman

Momen Bersejarah di Stadion Parken

Stadion Parken kali pertama akan menjadi venue event besar sekelas Piala Eropa. Event terbesar yang sebelumnya pernah dihelat disini adalah UEFA Cup dan kualifikasiPiala Dunia.

Bagi Tim Dinamit sendiri, Stadion Parken adalah benteng kokoh. Kjaer dan kawan-kawan tidak terkalahkan dalam 11 laga terakhir di sana.

Stadion Parken dibangun di lokasi mantan stadion nasional timnas Denmark, Stadion Idrætsparken. Pertandingan terakhir tim nasional Denmark di Idrætsparken adalah saat mereka ditaklukkan Yugoslavia 0–2 pada 14 November 1990 di kualifikasi Piala Eropa 1992.

Sedangkan, pertandingan pertama di Parken adalah saat Denmark takluk 1-2 dari Jerman pada 9 September 1992 dalam pertandingan persahabatan.

5 dari 6 halaman

Data Stadion

Lokasi Copenhagen, Denmark

Kapasitas 38.065

Ukuran lapangan 105 x 68 m

Markas : F.C. Copenhagen & Denmark National Football Team

6 dari 6 halaman

Simak Veideo Menarik Berikut Ini

Main Bareng Grace
Loading