Sukses

Sudah Minta Maaf, Abraham Damar Tetap Dicoret Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- PP Perbasi mengambil tindakan tegas terhadap shooting guard Abraham Damar Grahita. Perbasi memutuskan mencoret pemain Stapac Jakarta tersebut setelah berulah saat jumpa pers Kualifikasi FIBA Asia 2021 Indonesia melawan Korea Selatan.

Abraham Damar sebenarnya tampil cemerlang saat melawan Korea, Kamis (20/2/2020). Pada laga yang dimenangi Korea 109-76, Abraham menjadi pemain terbaik di timnas basket Indonesia.

Eks pemain Stadium itu mampu mencetak 25 angka 4 assit. Ia pun memasukkan 11 tembakan bebas dari 11 kali kesempatan.

Namun Abraham membuat kontroversi saat jumpa pers usai pertandingan. Dia menunjukkan gesture yang tidak terpuji terhadap pelatih timnas basket Indonesia, Rajko Toroman.

Abraham yang mendampingi Toroman di jumpa pers tampak kecewa dengan pernyataan sang pelatih. Dia juga memberikan pernyataan yang bertolak belakang dengan Toroman.

Beberapa jam usai jumpa pers, Abraham lewat Insta Story sudah meminta maaf. "Saya memohon maaf sebesar-besaranya untuk semua pihak yang merasa dirugikan Perbasi, timnas basket Indonesia, Toroman dan seluruh rakyat Indonesia yang mungkin merasa tersinggung atas apa yang saya lakukan di prescon semalam. Itu adalah kesalahan saya dan saya tidak membenarkan drii atas hal tersebut. Ini akan menjadi pelajaran bagi saya dan menjadi bahan bagi saya untuk berbenah dan memperbaiki diri. Sekali lagi saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya," tulis Abraham.

 

 

2 dari 4 halaman

Tetap Dihukum

Walau sudah meminta maaf dan mengakui kesalahan, Perbasi tetap memutuskan mencoret Abraham. "Timnas mengambil tindakan untuk memberikan pelajaran sekaligus teguran atas sikap Abraham yang kurang elok itu. Kami mencoret Abraham dari Tim Nasional mulai hai ini sampai kurun waktu yang belum ditentukan. Kami menunggu sanksi dari PP Perbasi kepada Abraham Damar,” ucap Maulana Tamrela, manajer tim nasional.

“Menjadi pemain nasional adalah achievement tertinggi dari seorang pebasket di Indonesia,” ucap Mocha. “Sebisa mungkin para pemain yang berkesempatan menjadi pemain nasional menjaga sikap di tempat umum dan di depan event internasional yang membawa nama bangsa.” tambah Mocha.

3 dari 4 halaman

Absen Lawan Filipina

Dengan demikian maka Abraham dipastikan tidak akan tampil saat Indonesia memainkan laga kedua Kualifikasi FIBA Asia 2021 pada Minggu (23/2) di Mahaka Arena melawan tim Filipina. 

Belum diketahui siapa pemain pengganti yang akan dipanggil Perbasi untuk membela timnas Indonesia melawan Filipina.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Basket Menarik Berikut Ini:

Loading