Sukses

5 Fakta Martin Braithwaite, Penyerang Darurat Pilihan Barcelona

Jakarta - Barcelona sukses menambah amunisi lini depan. Mereka mendatangkan Martin Braithwaite dari Leganes. 

Meski bursa transfer sudah ditutup, Barcelona diizinkan melakukan transfer darurat oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dan La Liga, Senin (17/2/2020). El Barca hanya punya waktu selama dua pekan untuk memboyong pemain baru menyusul cedera Ousmane Dembele dan Luis Suarez.

Martin Braithwaite yang telah mengoleksi 6 gol dan 1 assist dari keseluruhan laga yang dimainkan di La Liga musim ini berbanderol cukup mahal. Barcelona harus merogoh kocek sebesar 18 juta euro (Rp267,7 miliar) untuk mengamankan tanda tangannya.

Barca harus mendatangkan Martin Braithwaite untuk menambah daya serang. Muaranya, Barca ingin menyalip musuh abadi, Real Madrid, yang kini bercokol di puncak klasemen La Liga. Barcelona tertinggal satu poin dari Los Blancos. 

Penampilan Martin Braithwaite musim ini tidak terlalu buruk, walau Leganes saat ini menempati posisi ke-19 klasemen yang berada di zona degradasi. Berikut Bola.com merangkum lima fakta Martin Braithwaite calon penyerang anyar Barcelona dari beberapa sumber:

2 dari 6 halaman

1. Andalan Lini Serang Timnas Denmark

Braithwaite yang lahir 5 Juni 1991 telah mencatatkan penampilan di Timnas Denmark sebanyak 39 caps dan menciptakan 7 gol. Pemain berposisi penyerang tengah tersebut telah bermain untuk Tim Dinamit sejak berusia 16 tahun.

Dia menjalani laga debut pada 5 Juni 2013 bersama tinmas senior saat berhadapan dengan Georgia di ajang pertandingan persahabatan. Braithwaite menggunakan nomor punggung 9 pada laga tersebut dengan bermain selama 61 menit.

Pria campuran Denmark dan Guyana tersebut telah memperkuat Denmark pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Dia mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 4 kali atau selama 249 menit.

3 dari 6 halaman

2. Baru Mengoleksi Satu Gelar

Sepanjang kariernya Braithwaite  baru mengoleksi satu gelar di level klub. Dia ikut membantu Esbjerb FB (klub kasta tertinggi Denmark), meraih gelar Piala Denmark pada musim 2012-2013. 

Selama memperkuat Esbjerb FB, Braithwaite telah mencatatkan 19 gol dan 10 assist dari 90 pertandingan.

4 dari 6 halaman

3. Sering Menjadi Pemain Pinjaman

Pada musim 2017-2018, Braithwaite direkrut Middlesbrough dari Toulouse. Nilai transfer Braithwaite menyentuh angka 11 juta euro (Rp163,5 miliar).

Menjadi salah satu pemain dengan banederol transfer tertinggi di klub, saat itu Braithwaite membukukan 9 gol dan 2 assist selama berseragam The Boro. Dianggap kurang kontribusi, Braithwaite akhirnya dipinjamkan ke beberapa tim seperti Bordeaux dan Leganes.

Akhirnya pada musim 2019/2020, pria Denmark tersebut menetap di klub yang bermarkas di Estadio Municipal de Butarque, CD Leganes.

5 dari 6 halaman

4. Akrab dengan Klub Prancis

Selama berkarier di dunia sepakbola, Braithwaite pernah memperkuat dua klub besar Perancis, Bordeaux dan Toulouse. Sebelum hijrah ke Prancis, dia selama sembilan musim berkarier di Denmark. 

Selama berseragam Bordeaux, Braithwaite bermain sebanyak 14 pertandingan dengan mengoleksi 4 gol dan 3 assist dari semua ajang. Klub yang selanjutnya berhasil mendapatkan kesempatan menggunakan jasa pria berpostur 177 cm itu adalah Toulouse.

Bersama Toulouse ia mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak. Ia mengoleksi 40 gol dan 15 assist dari 149 laga yang dijalani.

6 dari 6 halaman

5. Dari Leganes dan Akan Berakhir di Barcelona

Selama bermain bersama CD Leganes, Braithwaite mengoleksi 10 gol dan 8 assist dari 40 laga. Penampilannya yang tidak buruk itu menarik perhatian rasksasa La Liga.

Dirumorkan akan mendarat ke Barcelona, Braithwaite akan mendapatkan kesempatan bermain bersama beberapa pemain bintang diantaranya Lionel Messi, Gerard Pique, dan Antoine Griezmann.

 

Sumber: Marca, Transfermarkt

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Alfi Yuda/Editor: Yus Mei Sawitri published 20/2/2020)

Keren, Game MotoGP 20 Terlihat Nyata dan Realistis
Loading