Sukses

5 Cara Mengatasi Jerawat di Telinga

Kehadiran Jerawat memang selalu mengganggu, di manapun letaknya.

Liputan6.com, Jakarta- Kehadiran Jerawat memang selalu mengganggu, di manapun letaknya. Apalagi jika kondisi jerawat yang sedang matang-matangnya, tak jarang menimbulkan rasa sakit dan gatal yang meresahkan.

Apalagi jerawat ini muncul di permukaan kulit yang tipis, seperti di telinga. Kehadiran jerawat di telinga memang tak kelihatan, tapi bisa menyebalkan.

Sesungguhnya bukan hal aneh bila ada jerawat tumbuh di telinga.  Karena teliga memiliki konsentrasi kelenjar minyak yang tinggi, sehingga bukan hal aneh bila jerawat berkembang di sana.

Selain permukaan kulit telinga yang tipis, telinga juga bersentuhan dengan tulang rawan yang rentan dengan peradangan dan mengarah pada rasa nyeri yang menyakitkan. Layaknya jerawat di wajah atau di punggung, kemunculan jerawat di telinga juga disebabkan oleh berbagai faktor penyebab yang kerap disepelekan.

Berikut tujuh cara mengatasinya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

Saksikan Video tentang Jerawat di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kompres dengan Air Hangat

Cara mengatasi jerawat di telinga yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir rasa nyeri dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Pertama-tama, bersihkan bagian telinga terlebih dahulu dengan menggunakan alkohol untuk menghilangkan bakteri yang ada. 

Setelah itu, celupkan kapas atau handuk kecil bersih ke dalam air hangat, peras, lalu tempelkan ke bagian telinga yang berjerawat. Kamu dapat melakukan cara mengatasi jerawat di telinga ini 2-3 kali sehari selama kurang lebih 5 menit. 

Hindari memencet jerawat di bagian ini karena hanya akan memperburuk kondisi jerawat dan membuat kulit bagian telinga mengalami iritasi atau meradang.

3 dari 6 halaman

Mengoleskan Obat Jerawat

Kamu juga bisa menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan ini biasanya tersedia dalam bentuk gel, lotion, krim, atau bisa juga sabun. 

Obat jenis ini memang paling umum digunakan dan dikenal efektif untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan benzoyl peroxide diketahui mampu membunuh bakteri dan mengurangi kulit berminyak.

Karena efek sampingnya dapat membuat kulit mengelupas, maka sebaiknya kamu menggunakan produk dengan takaran yang sudah dianjurkan oleh dokter atau yang tertera pada cara pakai di kemasan.

4 dari 6 halaman

Memberikan Antibiotik

Apabila jerawat di telinga disebabkan oleh infeksi bakteri dan kondisinya cukup parah, biasanya dokter akan memberikan pengobatan dengan antibiotik seperti minocycline, doxycycline, dan tetracycline.

5 dari 6 halaman

Memberikan Vitamin A Topikal

Cara mengatasi jerawat di telinga selanjutnya dapat mengoleskan obat oles yang mengandung vitamin A. Salah satu pilihan jenis pengobatan ini adalah tretinoin. Jenis obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil.

6 dari 6 halaman

Obat Sistemik

Cara mengatasi jerawat di telinga selanjutnya yang bisa dicoba adalah memberikan obat sistemik. Obat sistemik yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat adalah isotretinoin. Obat ini mengandung vitamin A dan biasnaya akan diberikan jika jerawat cukup parah.

Namun, jenis obat ini tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan kecacatan pada janin.

(Nisa Mutia Sari/Fidela Adelin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.