Sukses

Inspeksi GBT Jelang Piala Dunia U-20, Wali Kota Risma Ajak Ketum PSSI Main Bola

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan datang ke Surabaya untuk meninjau kesiapan menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 2021.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule meninjau lapangan ke Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin (10/2/2020). Rombongan datang sebagai bagian persiapan Kota Pahlawan menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. 

Mereka memeriksa kamar ganti pemain hingga naik ke royal box bagian atas stadion. Kedua tokoh ini bahkan sempat saling mengoper bola di lapangan hijau.

Wali Kota Risma memaparkan dukungan konkret pemerintah kota Surabaya, seperti penambahan akses jalan menuju Gelora Bung Tomo, penggantian rumput, lampu penerangan, serta perbaikan lift penumpang dan barang, menyambut Piala Dunia U-20 2021.

"Sejak akhir tahun lalu, kami juga membangun tiga lapangan latihan di sisi utara Gelora Bung Tomo. Nantinya, usai Piala Dunia, lapangan ini bisa dipakai latihan Sekolah Sepak Bola (SSB) di Surabaya," kata Risma.

Ia menyampaikan, Surabaya memiliki 89 SSB yang tersebar di berbagai pelosok kota. Untuk penggantian rumput berjenis ‘zoysia japonica’ diperlukan anggaran Rp 4 miliar per lapangan. "Padahal kami melakukannya untuk empat lapangan sekaligus," jelas Risma.

"Impian saya, akan lahir bakat-bakat muda, Supriadi-Supriadi baru. Bermula menjadi anak gawang yang ikut Piala Dunia dengan menggandeng pemain-pemain negara peserta, dari situ mimpi mereka terbangun," ungkap Risma.

Sementara itu, Iwan Bule mengapresiasi Wali Kota Risma yang menunjukkan komitmen serius sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021

"Menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah event membanggakan bangsa kita yang belum tentu terulang lagi puluhan tahun ke depan. Kami sangat menghargai pemerintah daerah yang bersungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu ‘host cities’ Piala Dunia U - 20 2021," kata Mochamad Iriawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantau Lokasi Pendukung

Dari Gelora Bung Tomo, Iriawan meluncur ke Kabupaten Gresik untuk meninjau Stadion Gelora Joko Samudro yang dinominasikan sebagai salah satu lapangan latihan bagi peserta Piala Dunia U-20 2021.

"Stadion ini sudah sangat bagus. Tinggal perbaikan-perbaikan kecil di beberapa sisi, misalnya ketersediaan ruang ganti dengan jacuzzi untuk pemulihan pemain," kata Iriawan.

3 dari 3 halaman

Harapan PSSI

PSSI meminta pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kota dan kabupaten, aktif bergerak ‘menjemput bola’ serta memberikan respon maksimal dalam membantu PSSI menyiapkan semua persyaratan menjadi tuan rumah Piala Dunia U - 20 2021.

"Dukungan optimal dari pemerintah daerah adalah salah satu poin penting sehingga sebuah kota terpilih sebagai salah satu dari enam ‘host cities’ Piala Dunia U-20 2021," ujar Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.