Sukses

5 Catatan Menakjubkan Liverpool saat Menghajar West Ham

Liverpool makin tak tertahan di Liga Inggris. Paling akhir, mereka menang 2-0 atas West Ham United di laga tunda pekan ke-18.

 

Liverpool - Liverpool makin tak tertahan di Liga Inggris. Paling akhir, mereka menang 2-0 atas West Ham United di laga tunda pekan ke-18, Rabu (29/1) atau Kamis dinihari WIB.

Mohamed Salah membuka keunggulan Liverpool melalui penalti pada menit ke-35. Kemenangan Liverpool akhirnya dipastikan melalui gol Alex Oxlade-Chamberlain pada babak kedua. 

Tambahan tiga poin tersebut makin memperkukuh posisi Liverpool yang berkibar di puncak klasemen sementara Premier League. Tim besutan Jurgen Klopp telah mengantongi 70 poin dari 24 pertandingan musim ini. 

Hebatnya, Liverpool kini telah unggul 19 poin atas pesaing terdekatnya, Manchester City, yang menempati peringkat kedua. Padahal Premier League baru menjalani 24 pertandingan. Bukan mustahil, The Reds akan menjadi juara Premier League paling cepat. 

Liverpool juga memperpanjang rekor tak terkalahkan beruntun pada musim ini. The Reds sama sekali belum tersentuh kekalahan pada musim ini, bahkan 23 laga berujung kemenangan. 

The Reds bisa hanya perlu menjaga konsistensi untuk menyegel titel Premier League musim ini. Gelar tersebut akan menjadi yang pertama bagi Liverpool di era Premier League. 

Kemenangan kontra West Ham bukan hanya menandai The Reds semakin dekat dari gelar Premier League. Namun, berbagai torehan fantastis juga ditorehkan Liverpool pada laga tersebut, berikut beberapa di antaranya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Margin Keunggulan Terbesar

Keunggulan Liverpool di Premier League (19 poin) lebih besar dibanding kombinasi keunggulan tim-tim pemuncak klasemen di empat liga besar lain Eropa (17 poin). 

Perinciannya:

- Serie A: Juventus unggul 3 poin atas Inter Milan 

- La Liga: Real Madrid unggul 3 poin atas Barcelona. 

- Bundesliga: RB Leipzig unggul 1 poin atas Bayern Munchen 

- Ligue 1: PSG unggul 10 poin atas Marseille

3 dari 7 halaman

2. Liverpool Sudah Mengalahkan Tiap Tim Kontestan Premier League Musim Ini

Ini kali pertama Liverpool mengalahkan tiap tim kontestan Premier League dalam satu musim, alias perdana sejak musim 1985-1986 alias 125 tahun lalu. Catatan serupa pernah ditorehkan tim lain, berikut perinciannya: 

2005-2006: Chelsea

2010-2011: Manchester United

2017-2018: Manchester City

2017-2018: Manchester United

2018-2019: Manchester City

 

4 dari 7 halaman

3. Catatan Kemenangan Beruntun

Liverpool sudah membukukan 15 kemenangan beruntun di ajang Premier League. Kans memperpanjang catatan itu terbuka lebar jika melihat kinerja The Reds saat ini. 

Berikut kemenangan beruntun terpanjang di Premier League

- Manchester City: 18 laga (berakhir Desember 2017) 

- Liverpool: 17 laga (berakhir Oktober 2019) 

- Manchester City: 15 laga (berakhir Agustus 2019)

- Liverpool: 15 laga (masih berlanjut) 

 

5 dari 7 halaman

4. Selangkah Amankan Tiket Liga Champions Musim Depan

Liverpool kini tinggal membutuhkan dua kemenangan lagi untuk mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan. Catatan tersebut impresif karena saat ini baru 30 Januari. 

 

6 dari 7 halaman

4. Alisson Becker Catat Clean Sheet Terbanyak

Tak ada kiper yang mencatatkan clean sheet di Premier League yang lebih banyak daripada kiper Liverpool, Alisson Becker, yaitu 8 kali. Alisson tampil dalam 16 pertandingan Premier League musim ini. 

7 dari 7 halaman

5. Pertajam Catatan Tak Terkalahkan

Dengan kemenangan 2-0 atas West Ham United, Liverpool memperpanjang catatan tak terkalahkan di Premier League menjadi 41 pertandingan beruntun. The Reds hanya terpaut delapan lagi dari rekor milik Arsenal, yaitu 49 kali beruntun. 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.