Sukses

Latih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Kesengsem Nasi Goreng

Shin Tae-yong sudah mulai menjalankan tugasnya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Shin Tae-yong sudah mulai menjalankan tugasnya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Mau tak mau, pria asal Korea Selatan ini harus beradaptasi dengan segala sesuatunya di Indonesia.

Maklum, pria berusia 52 tahun itu akan menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia untuk waktu yang lama, hingga 2024.

Shin Tae-yong pun mengaku, terkait penyesuaian dengan Indonesia, semuanya berjalan baik dan lancar. Mulai dari cuaca, bahasa, hingga makanan.

"Untuk adaptasi masalah cuaca saya tidak ada masalah. Masalah makanan juga tidak beda jauh resepnya dengan makanan Korea Selatan," ujar Shin Tae-yong.

Bahkan, ada satu menu makanan yang bikin dirinya kesengsem. "Di Indonesia saya sangat suka dengan nasi goreng," kata Shin Tae-yong.

Saksikan Video Shin Tae-yong di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar Bahasa Indonesia

Shin Tae-yong juga mulai belajar bahasa Indonesia. Ada beberapa kata yang sudah ia pahami.

"Hai, apa, siapa, ke mana, kapan," imbuhnya.

Saat ini, ia tengah membentuk Timnas Indonesia U-19 untuk persiapan menuju Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-19 berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Seleksi tersebut sudah dimulai sejak Senin (13/1), dan akan berakhir pada Jumat (17/1).

 

3 dari 4 halaman

Geber Latihan Fisik

Pada hari kedua seleksi, Selasa (14/1/2020), para pemain digeber latihan fisik dan pertandingan internal.

Sesi latihan Timnas Indonesia U-19 hari ini diikuti 53 pemain. Dua pemain dari luar negeri sudah bergabung, yakni Braif Fatari dan Jack Brown.

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih turut memantau proses seleksi pembentukan Timnas U-19. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai pembagian dua sesi dilakukan untuk memudahkan pemantauan.

"Kami membagi tim ini agar mempermudah kerja tim pelatih dalam menyeleksi pemain. Lagi pula, dalam latihan ini kami ingin pemain langsung bermain di lapangan penuh," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI.

4 dari 4 halaman

Didukung Jokowi

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Presiden Joko Widodo senang dengan penunjukkan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu disebut tidak akan menemui kesulitan dalam beradaptasi dengan budaya di Indonesia.

Tak hanya itu, Zainudin Amali juga menyebut Kemenpora secara berkala selalu menyampaikan perkembangan kesiapan Indonesia untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021. Berbagai informasi selalu diperbarui agar Presiden Jokowi tidak ketinggalan informasi.

"Setiap perkembangan baik Timnas Indonesia dan persiapan penyeleggaraan Piala Dunia U-20 2021, selalu secara reguler saya laporkan ke Presiden," ujarnya.

Selain menjadi pelatih timnas senior, pelatih berusia 49 tahun itu menjadi manajer yang membawahi pelatih-pelatih Timnas U-23, U-19, dan U-16.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.