Sukses

4 Kontroversi Patrich Wanggai, Striker Anyar Persebaya

Surabaya - Persebaya resmi mendatangkan Patrich Wanggai. Informasi tersebut disampaikan Bajol Ijo melalui unggahan Twitter ofisial pada Selasa (7/1/2020).

"Selamat datang kakak Patrich. Persebaya resmi merekrut striker, Patrich Wanggai," bunyi pernyataan Persebaya dalam unggahannya tersebut.

Keputusan manajemen Bajul Ijo mendatangkan mantan striker Kalteng Putra itu menimbulkan beragam reaksi fans. Sebagian dari suporter menilai Patrich Wanggai adalah sosok yang tepat untuk Persebaya.

Namun tak sedikit pula yang menyebut keputusan tersebut tidak tepat karena Patrich Wanggai dikenal sebagai pemain yang emosional.

Pada awal November 2019, Patrich Wanggai mendapat kartu merah karena melakukan tendangan ke arah perut pemain Persib Bandung, Achmad Jufriyanto. Insiden tersebut terjadi pada laga lanjutan pekan ke-26 Shopee Liga 1, 11 November 2019.

Dari hasil penelusuran Bola.com, warganet kembali mengungkit kontroversi Patrich Wanggai Apa saja ulah Patrich Wanggai yang sempat menimbulkan kontroversi? Berikut Bola.com telah merangkumnya.

2 dari 5 halaman

1. Kurang Sabar Hadapi Ejekan Suporter

Tidak diketahui kapan peristiwa tersebut terjadi. Namun dalam unggahan video tersebut terlihat Patrich Wanggai tampak emosional kala menghadapi ejekan suporter.

Wanggai tampak menunjukkan gestur hampir menonjok suporter tersebut. Insiden tersebut menjadi salah satu bentuk kontroversi yang pernah dilkukan rekrutan anyar Persebaya tersebut.

3 dari 5 halaman

2. Tendang Perut Pemain Lawan

Insiden tersebut terjadi pada laga lanjutan pekan ke-26 Shopee Liga 1 Indonesia, 11 November 2019. Saat itu, Patrich Wangai yang masih berseragam Kalteng Putra, menendang perut pemain Persib Bandung, Ahcmad Jufriyanto.

Kejadian bermula pada menit ke-28. Terjadi duel sengit antara Patrich dengan Achmad Jufriyanto. Imbasnya Patrich Wanggai terjatuh dan terlihat menendang bagian perut Achmad Jufriyanto.

Atas kejadian tersebut, Patrch Wanggai diganjar kartu merah oleh wasit.

 

4 dari 5 halaman

3. Jari Tengah Patrick Wanggai

Patrich Wanggai juga pernah melakukan tindakan tidak terpuji pada laga lanjutan Liga 1 2017 kontra Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 20 Mei 2017. Saat itu, Wanggai yang masih merumput bersama Borneo FC ketahuan mengacungkah jari tengah ke arah bobotoh.

Menurut pemain keturunan Papua tersebut, ia melakukan aksi tersebut karena mendengar celoteh tak mengenakkan dari supoter Persib Bandung.

Namun satu tahun setelahnya, sang pemain justru menerima pinangan Maung Bandung. Keputusannya itu juga sempat mengundang sejumlah komentar suporter.

5 dari 5 halaman

4. Pemain yang Emosional

Beberapa suporter juga mengatakan Patrich Wanggai merupakan pemain yang emosional. Pada 28 Maret 2015, Wanggai yang masih berseragam Sriwijaya FC terlibat baku hantam dengan pemain Tim Porprov Kota Palembang, Untung Saputra, dalam laga uji coba, di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring.

Insiden tersebut terjadi dalam sebuah laga persahabatan. Meski hanya laga persahabatan, namun tensi pertandingan cukup tinggi. Terjadi bebetapa pelanggaran yang cukup keras dari kedua tim.

Imbasnya, beberapa pemain tersulut emosi, termasuk Patrich Wanggai dan Untung Saputra. AKibat insiden tersebut, Untung harus dilarikan ke Rumah Sakit karena menderita luka robek di antara mata dan hidungnya.

Pengurus KONI Kota Palembang bahkan melaporkan Patrich Wanggai ke Polda Sumatera Selatan pada 6 April terkait kasus pemukulan tersebut