Sukses

Fernando Alonso Berharap Keajaiban di Reli Dakar 2020

Fernando Alonso sempat kehilangan waktu di Reli Dakar 2020 akibat menabrak batu.

Liputan6.com, Neom - Penampilan Fernando Alonso pada hari ketiga Reli Dakar 2020 membaik. Pembalap Formula 1 itu menempati urutan keempat pada stage ketiga yang berlangsung Selasa waktu setempat (7/1/2020).

Alonso yang sempat kehilangan waktu selama dua jam untuk memperbaiki ban dan suspensi usai menambrak batu di stage pertama, melahap rute sejauh 265-mile mengelilingi Neom dengan mulus. Juara dunia F1 2004 dan 2005 tersebut hanya terpaut 6 menit 14 detik di belakang pembalap Carlos Saint Sr yang kembali merebut stage ketiga dengan catatan waktu 3 jam 48 menit dan 1 detik.

Hasil ini menambah rasa percaya diri Alonso yang baru petama kali mengikuti Reli Dakar. "Stage ini kami lalui tanpa hambatan, dengan jarak pandang yang bagus-bahkan saat kembali ke Neom. Setiap mobil yang kami lewati mengalami ban kempes atau hilang," kata mantan pembalap Renault itu seperti dilansir Autosport.

"Trek yang kami lalui tanpa mobil dan tanpa debu. Satu-satunya hambatan ada pada bagian terakhir saat kami sempat tersesat di sungai dan tidak menemukan jalanan," beber Alonso menambahkan.

Reli Dakar musim ini berlangsung di Arab Saudi. Reli paling ganas di dunia ini berlangsung mulai 5 Januari hingga 17 Januari 2020. Balapan 12 stage dimulai dari Jeddah dan akan berakhir di Qiddiya. 

Alonso merupakan juara dunia F1 pertama yang menjajal kemampuan di Reli Dakar. Mengendarai Toyota Hilux, Alonso ditemani navigator Marc Coma. "Kemarin adalah kejutan. Hasilnya negatif dan kehilangan waktu tidak kami harapkan, tapi sensasinya luar biasa kemarin. Hari ini juga," kata Alonso.

"Tapi saya selalu ingin lebih baik dan berharap saya bisa mengambil keuntungan dari posisi start yang baik besok atau beberapa hari ke depan mencoba hal baru dan berada di tiga terdepan atau berharap bisa memenangkan stage di mana itu akan menjadi sebuah keajaiban," kata Alonso menambahkan.

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Carlos Sainz ke Puncak Klasemen

Sementara itu, Carlos Sainz Sr akhirnya merebut puncak klasemen Reli Dakar 2020. Pembalap yang tergabung bersama tim Bahrain JCW X-Raid Team itu memimpin dengan total waktu 11 jam 20 detik.

Ini tidak lepas dari penampilan gemilang pembalap asal Spanyol itu pada stage ketiga, Neom. Didampingi navigator Lucaz Cruz, Sainz mencatat waktu tercepat, 3 jam 48 menit dan 1 detik.

Sementara juara bertahan Nasser Al-Attiyah kini berada di posisi kedua, tertinggal 7 menit 55 detik dari Sainz. Pada stage ketiga, Al-Attiyah terlempar ke urutan kelima usai mendapat penalti 3 menit. 

Sedangkan urutan ketiga dihuni Orlando Terranova dari X-Raid Team (8 menit 9 detik).

Stage keempat kembali akan berlangsung Rabu, 8 Januari waktu setempat. Diawali dari Neom para pembalap bakal melahap rutel sejauh 453 km dan mengakhiri perjalanan di Al-Ula. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.