Sukses

Persebaya Surabaya Percayakan Gawang pada Kiper Timnas Indonesia U-19

Liputan6.com, Surabaya - Ernando Ari Sutaryadi, kiper andalan Timnas Indonesia U-19, mendapat kepercayaan besar di Liga 1 2020. Dia ditugaskan untuk mengawal gawang Persebaya Surabaya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso sendiri yang meminta Ernando Ari Sutaryadi bermain untuk tim senior Persebaya pada musim depan. Menurut Aji, Ernando punya kans menjadi kiper utama klub berjulukan Bajul Ijo tersebut.

"Saya sudah mengamati penampilan mereka, punya potensi yang sangat besar,” ujar Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso seperti dikutip dari laman resmi klub, Minggu (5/1/2020).

Selain Ernando, Bajul Ijo juga mengorbitkan bek tangguh timnas U-19, Rizky Ridho. Tentunya, ini bakal menjadi hal bagus buat Persebaya yang mengutamakan pemain muda.

Tak itu saja, pemain sayap timnas U-19, Supriadi, tetap dipertahankan Persebaya, termasuk tiga talenta muda lainnya, Koko Ari Araya (belakang), Muhammad Kemaluddin (gelandang) serta Zulfikar Akhmad Medianar Arifin (gelandang).

 

2 dari 6 halaman

Potensi Pemain Muda

Menurut Aji, Persebaya memiliki banyak talenta muda sehingga harus dimaksimalkan, terlebih timnya akan bermain di sejumlah kompetisi pada musim depan, seperti Liga 1, Piala Indonesia dan Asean Club Championship.

Keenam pemain tersebut, kata dia, juga merupakan penggawa Persebaya junior yang turut mengantarkan Persebaya juara Elite Pro Academy U-20 Tahun 2019.

“Keberadaan mereka di tim senior bisa mempercepat perjalanan karir mereka, baik di Persebaya maupun timnas,” kata eks-Pelatih Persela Lamongan dan Arema FC tersebut.

 

3 dari 6 halaman

Perpanjang Kapten Cadangan

Selain pemain-pemain itu, Persebaya juga tetap mempertahankan pemain muda yang musim lalu telah berseragam Bajul Ijo senior. Salah satunya Rachmat Irianto, yang juga merupakan kapten cadangan.

Pemain yang turut tampil di SEA Games 2019 itu diberikan kontrak panjang. Putra legenda Persebaya, Sugiantoro itu diperpanjang kontraknya hingga 2021.

 

4 dari 6 halaman

Beri kontribusi Bagus

Di Shopee Liga 1 2019, Rian, panggilannya, memang punya kontribusi bagus untuk Persebaya. Meski sering absen karena membela Timnas, dia selalu jadi andalan saat tampil.

Keunggulan Rian lainnya, dia bisa bermain di berbagai posisi. Mulai bek tengah, bek kiri, hingga gelandang bertahan. Rian juga sempat jadi kapten Persebaya saat lawan Persija Jakarta di Gelora Bung Karno.

5 dari 6 halaman

Ambisi Juara

Musim depan, Persebaya sendiri tampak berambisi menjadi juara Liga 1. Mereka tentu berharap bisa mendapat prestasi lebih baik ketimbang di Shopee Liga 1 2019 saat menduduki posisi kedua.

Tak heran, manajemen cukup serius berbenah, termasuk mendatangkan pemain-pemain muda potensial.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Persebaya di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kebijakan Unik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19
Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia U-19 Ditekuk Tim Kampus Korea, Shin Tae-yong Tetap Puas