Sukses

Tantangan Menantang Bali United Menuju Fase Grup Liga Champions Asia 2020

Jakarta - Juara Shopee Liga 1 2019 Bali United bakal mewakili Indonesia di di Liga Champions Asia 2020. Serdadu Tridatu harus menjalani perjalanan panjang dan menantang untuk mencapai putaran grup.

Bali United bakal mengawali kiprah di Liga Champions Asia musim depan dari putaran pertama kualifikasi zona timur. Mereka menghadapi runner-up Premier League Singapura 2019, Tampines Rovers.

Tampines bisa berlaga pada putaran pertama kualifikasi, karena juara Premier League Singapura musim ini adalah DPMM. Klub asal Brunei Darussalam itu tidak berhak mewakili Singapura, karena berstatus tim asing.

Rencananya, duel Bali United kontra Tampines Rovers akan berlangsung di Stadion Jalan Besar, Singapura, pada 14 Januari 2020. Andai berhasil melewati hadangan Tampines, lawan berat lainnya telah menanti Bali United.

Anak asuh Stefano Cugurra itu akan bersua peringkat ketiga A-League 2018-2019, Melbourne Victory. Bali United lagi-lagi menjalani laga tandang, yakni di AAMI Park, Melbourne, pada 21 Januari 2020.

Serdadu Tridatu diprediksi kesusahan meladeni perlawaan klub berjulukan Boys in Blue tersebut. Pasalnya, Melbourne Victory merupakan tim langganan tampil di Liga Champions Asia. Mereka pernah tampil pada edisi 2008, 2010, 2011, 2014, 2016, dan 2018.

Meski begitu, jika berhasil membungkam Melbourne Victory, Bali United akan lolos ke babak play-off zona timur dan menantang klub J1 League Jepang. Namun, masih belum diketahui calon lawan yang akan dihadapi Tim Serdadu Tridatu.

Kemungkinan besar Kashima Antlers atau Kawasaki Frontale, yang menjadi lawan berikutnya Bali United. Saat ini Kashima Antlers berada di peringkat ketiga dan Kawasaki Frontale di urutan keempat klasemen J1 League 2019.

Akan tetapi, Kashima Antlers bisa lolos langsung ke fase grup Liga Champions Asia 2020 jika menjuarai Emperor's Cup musim ini. Alhasil, Kawasaki Frontale akan dihadapi Bali United.

Namun lagi-lagi, Kawasaki Frontale tidak akan mudah dikalahkan. Apalagi, Bali United akan melawat ke markas Kawasaki Frontale pada 28 Januari 2019.

Tetapi, andai berhasil mengatasi juara J1 League 2017 dan 2018 itu, Bali United akan lolos ke fase grup Liga Champions Asia musim ini. Bali United bakal tergabung di Grup E bersama Beijing FC, Chiangrai United, dan pemenang play-off wilayah timur 1.

 

2 dari 3 halaman

Istirahatkan Pemain Asing

Demi tampil maksimal di Liga Champions Asia 2020, pelatih Bali United, Stefano Cugurra, mengistirahatkan pemain asingnya. Beberapa nama seperti Paulo Sergio dan Willian Pacheco telah pulang ke negara masing-masing, setelah Serdadu Tridatu memastikan gelar juara Liga 1 2019.

Paulo berada di Portugal, sedangkan Pacheco pulang ke Brasil untuk menikmati liburan Natal dan tahun baru.

"Ada beberapa pemain sudah masuk libur, pemain yang sering masuk tim inti butuh waktu lebih untuk istirahat untuk program recovery yang benar," ujar Teco beberapa waktu lalu.

"Yang bagus, kami sudah tahu jadwal di Liga Champions Asia. Kami sudah tahu nanti kalau menang atas wakil Singapura, selanjutnya melawan tim Australia, kemudian Jepang. Ini sangat bagus buat pelatih, bisa bikin program yang pas," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Terlempar ke Piala AFC

Jika pada akhirnya gagal mengatasi Tampines Rovers, Melbourne Victory, dan Kashima Antlers/Kawasaki Frontale, Bali United bakal terlempar ke Piala AFC 2020.

Mereka akan tergabung di Grup G bersama Ceres–Negros (Filipina), Than Quang Ninh (Vietnam), dan pemenang dari play-off ASEAN 3, yakni Svay Rieng (Kamboja) versus Master 7 (Laos).

 

Berikut jadwal pertandingan Bali United di Liga Champions Asia 2020:

Kualifikasi putaran pertama:

Tampines Rovers Vs Bali United - Stadion Jalan Besar - 14 Januari 2020

Kualifikasi putaran kedua:

Melbourne Victory Vs Pemenang putaran pertama - AAMI Park - 21 Januari 2020

Play-off: 

Kashima Antlers/Kawasaki Frontale Vs Pemenang putaran kedua - 28 Januari 2020

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Rizki Hidayat/Editor: Aning Jati, published 21/12/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Regulasi Berubah, Striker Muda Bali United Tetap Bertekad Tembus Tim Utama
Artikel Selanjutnya
Bali United Hajar Than Quang Ninh 4-1 di Laga Pertama Piala AFC 2020