Sukses

Prediksi Persib vs PSM: Laga Krusial di Ujung Kompetisi

Persib masih memiliki laga penting, melawan PSM, di ujung perjuangan musim ini.

Bandung - Persib Bandung bakal menghadapi PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (22/12/2019) sore WIB. Ini adalah laga pamungkas bagi kedua tim di Shopee Liga 1 2019.

Persib Bandung dipastikan tanpa dua pemain andalan dalam pertandingan ini, Nick Kuippers dan Ardi Idrus. Keduanya terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Meski begitu, pelatih Persib, Robert Alberts, tetap optimistis menghadapi pasukan asuhan pelatih Darije Kalezic itu.

"Ini laga terakhir kami dalam musim 2019. Sayangnya, beberapa pemain terkena akumulasi dan itu bukan bagian rencana kami. Tapi, pemain yang akan main nanti, termasuk Supardi Nasir, adalah yang terbaik yang memungkinkan main dan menang di kandang serta meraih tiga poin," ujar Robert.

Robert berharap semua pemain yang diturunkannya bisa bermain lebih fight demi mencapai target lima besar di musim 2019.

"Ada kesempatan untuk kami bisa masuk lima besar. Itu target kami, tapi itu pun tergantung pada hasil tim yang lain," ungkap pelatih asal Belanda ini.

Robert mengakui lawan yang akan dihadapi Supardi Nasir dkk. merupakan tim yang kuat, sehingga semua pemainnya diharapkan bisa lebih tangguh dan bermain cantik.

"Saat ini posisi Persib Bandung di klasemen sementara memang lebih baik daripada PSM, tapi saya pikir PSM tim yang kuat. Mereka hampir bisa mendapatkan gelar juara tahun lalu. Itu karena kekuatan yang mereka miliki," ucap Robert.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSM Janji Menyulitkan

Sementara, pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, berharap motivasi pemainnya tetap terjaga untuk meredam determinasi Persib Bandung yang ingin mengakhiri kompetisi dengan kemenangan di hadapan pendukung sendiri.

Mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini yakin pemain yang ia turunkan bakal tampil habis-habisan.

"Memang tak mudah mengalahkan Persib. Apalagi, PSM tanpa diperkuat pemain asing. Tapi, kami akan berjuang keras untuk mengimbangi atau bahkan mengalahkan mereka," tegas Darije.

Menghadapi Persib, Darije mengoptimalkan pemain lokal plus Ezra Walian dan Raphael Maitimo, dua pemain naturalisasi asal Belanda. Tekad untuk tampil optimal disuarakan oleh Raphael yang akan berduet dengan Hasim Kipuw di posisi bek sentral PSM.

"Pemain yang tersisa tidak akan lari. Kami akan bertarung habis-habisan untuk mengalahkan Persib," ujar Raphael yang pernah berkostum Persib.

Kalau PSM tampil normal, Persib akan dibuat kesulitan karena semua pemain bakal tampil bertipe petarung. Terutama di lini tengah yang dihuni oleh trio Rizky Pellu, M. Arfan, dan Rasyid Bakri. Ketiganya bukan hanya berperan sebagai penyeimbang, tetapi juga pencetak gol buat PSM.

Begitu pula di lini depan. Ezra, yang belakangan tampil reguler sebagai starter mulai nyetel dengan karakter keras ala PSM. Kalau pun Ezra tidak optimal, masih ada opsi lain pada diri Ferdinand Sinaga yang tak kalah garang.

Sementara dari sisi sayap, dua pemain asli Makassar, Rizky Eka Pratama dan M. Rahmat berpotensi mengacaukan konsentrasi lini belakang Persib. Apalagi dua bek sayap Juku Eja, Asnawi Mangkualam dan Taufik Hidayat, kerap terlihat berkeliaran di daerah pertahanan lawan bila dimainkan oleh Darije.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persib Bandung (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Achmad Jupriyanto, Nick Kuippers, Zalnando; Ghozali Siregar, Omid Nazari, Dedi Kusnandar; Esteban Vizcarra, Ezechiel N'douassel, Febri Hariyadi

Pelatih: Robert Alberts

PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah (kiper); Asnawi Mangkualam, Raphael Maitimo, Hasim Kipuw, Taufik Hidayat; Rasyid Bakri, Rizky Pellu, M. Arfan; Rizky Eka, Ezra Walian, M. Rahmat

Pelatih: Darije Kalezic

 

Persib Bandung vs PSM Makassar

Prediksi Bola.com: 55-45

Persib memiliki motivasi lebih tinggi mengakhiri duel pekan terakhir Shopee Liga 1 2019 menjamu PSM dengan kemenangan. Partai ini bisa mengantar Maung Bandung finis di lima besar, sekaligus bakal jadi ajang perpisahan bagi pemain senior, Hariono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.