Sukses

Prediksi Madura United Vs Persebaya: Laga Panas Derbi Suramadu

Bangkalan - Laga pekan ke-30 Shopee Liga 1 2019 bakal menyuguhkan duel seru sesama klub Jawa Timur. Madura United dijadwalkan menjamu Persebaya Surabaya dalam laga bertajuk Derbi Suramadu di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Senin malam (2/12/2019).

Pertemuan ini diprediksi bakal berjalan panas karena persaingan kedua tim di klasemen sementara. Hanya, performa terakhir dua tim dengan materi berkualitas ini berbanding terbalik.

Dalam empat laga terakhir, Madura United selalu gagal mendulang poin alias kalah. Sementara Persebaya justru meraih hasil sebaliknya, dengan tidak pernah kalah di jumlah laga yang sama, perinciannya masing-masing dua menang dan seri.

Kendati demikian, Madura United masih memiliki posisi klasemen lebih baik dengan menghuni peringkat keempat mengumpulkan 44 poin. Persebaya tertahan di papan tengah, tepatnya posisi ke-10, meski hanya berjarak lima poin atau mengoleksi 39 poin.

Madura United sedang berupaya bangkit untuk mempertahankan tempat di papan atas. Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu terancam turun peringkat jika gagal lagi mendapatkan poin.

"Saya yakin pemain akan bangkit dan kembali ke jalur kemenangan. Kedua tim akan tampil sama-sama menyerang untuk berebut poin di pertandingan ini," kata Rasiman, pelatih Madura United.

Keterpurukan Madura United, menurut Rasiman, dilatarbelakangi absennya beberapa pemain andalan dalam empat laga itu. Pemain silih berganti harus absen akibat cedera atau terkena hukuman akumulasi kartu.

Kali ini agak berbeda. Madura United hampir memiliki kekuatan penuh. Tiga pemain saja yang harus absen. Jaimerson Xavier terkena sanksi akumulasi kartu. Lalu, dua pemain, yaitu Syahrian Abimanyu dan Zulfiandi, bergabung Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019.

2 dari 3 halaman

Pertama Main di Jatim

Di sisi lain, Persebaya juga kehilangan dua pemainnya, yang kebetulan juga bergabung ke Timnas Indonesia. Keduanya adalah Osvaldo Haaya Rachmat Irianto. Sisanya, tidak ada yang harus absen.

Laga ini setidaknya menjadi warna baru buat Persebaya sejak di bawah arahan Aji Santoso. Dalam empat pertandingan itu, Persebaya selalu bertanding di luar Surabaya, tepatnya di Bogor, Tenggarong, dan Balikpapan.

Ini jadi pertama kali untuk Persebaya bermain di Jawa Timur setelah mendapat sanksi dan Komdis PSSI. Bagi Aji Santoso, suasana timnya tetap sama dibanding bermain di luar Jawa.

"Yang jelas, kami sama-sama masih bermain di luar kandang (Surabaya). Melawan Madura United, pemaink tetap harus maksimal. Kendalanya memang masih belum bisa full team," kata pelatih asli Malang itu.

"Siapapun yang kami turunkan, pemain harus siap. Jadwalnya memang padat dan kami memiliki persiapan yang pendek. Saya harus benar-benar jeli siapa pemain yang akan saya turunkan," imbuh Aji.

Sesuai catatan pertemuan, kedua tim sudah berjumpa sembilan kali di semua ajang. Hasilnya, Persebaya lebih unggul dengan memenangi empat laga di antaranya, berbanding satu kemenangan Madura United.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Ante Bakmaz, Kadek Raditya, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Diego Assis (tengah); Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo (depan)

Pelatih: Rasiman

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal, Hansamu Yama, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi (belakang); Aryn Williams, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan (tengah); Diogo Campos, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Disadur dari Bola.com (Aditya Wany/Aning Jati, published 2/12/2019) 

Loading
Artikel Selanjutnya
Persebaya Tunggu Izin Kepolisian, Ingin Jamu Bhayangkara FC di GBT
Artikel Selanjutnya
Persebaya Surabaya Terkam Madura United 3-2 di Derby Suramadu