Sukses

Persiapan Timnas Bola Voli Indonesia Menuju SEA Games 2019 Sudah 100 Persen

Liputan6.com, Bogor - Ketua Umum (Ketum) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Pusat, Imam Sudjarwo, menyatakan persiapan Timnas bola voli Indonesia menuju SEA Games 2019 di Manila, Filipina, telah siap 100 persen. Hal itu disampaikan Imam Sudjarwo dalam acara pelepasan Timnas bola voli Indonesia di Padepokan Bola Voli Sentul,Bogor, Senin (25/11/2019).

Timnas bola voli pantai dijadwalkan akan berangkat ke Filipina pada 27 November 2019. Kemudian, timnas bola voli Indoor akan berangkat 30 November 2019. Rencananya akan ada pelepasan khusus yang dihadiri secara khusus Presiden Joko Widodo pada 27 November.

Soal persiapan ini, manajer timnas bola voli pantai, Ayi Subarna, dan manajer timnas bola voli indoor, Santiaji Gunawan, juga serempak menyatakan bahwa persiapan sudah siap 100 persen. Sebanyak 16 pemain, 8 putera dan 8 puteri pemain bola voli siap untuk bertanding. Sementara untuk tim voli indoor yang akan bertanding sebanyak 36 pemain, 18 putera dan 18 puteri.

Pada bagian lain, Santiaji Gunawan yang juga SVP Strategic Stakeholder Management PT PGN.Tbk, mengingatkan timnas bola voli Indonesia juga perlu mewaspadai pemain lawan yang dinilai sangat kuat.

“Untuk voli indoor putra dan putri hari ini sudah semakin siap. Untuk tim voli putri yang harus diwaspadai adalah Tim Thaland, karena berkali-kali kita try out, tim Thailand berkali-kali mendominasi di Asia Tenggara,” ungkapnya.

Guna menghadapi tantangan yang ada, dari manajer dan tim pelatih sudah menyusun strategi khusus. Dengan demikian, persiapan untuk pertandingan bisa lebih matang. Ada sejumlah hal yang diperhatikan untuk kesiapan para pemain.

2 dari 3 halaman

Ungkapan Pemain

Salah satu hal yang juga sangat penting adalah kesiapan para pemain. “Persiapan kita sudah 100 persen, tinggal inbox, menguatkan mental dan hati masing-masing,” ungkap Wilda Siti Nurfadilah, kapten tim voli putri Indoor.

Wilda mengatakan, setiap kendala pasti ada di setiap tim. Mengingat dalam tim, ada banyak hati yang harus disatukan. “Kendala pasti ada, tapi kita sudah siap,” tegas Wilda, “Target kita tahun ini perak.”

Mengenai strategi khusus, Wilda dan kawan-kawan menyerahkan sepenuhnya pada pelatih. “Untuk teknis kita benar-benar serahkan kepada pelatih, tapi kalau strategi khusus dari pemain, pasti menyiapkan mental masing-masing. Untuk teamworknya bisa kena, begitu,” jelas Wilda.

3 dari 3 halaman

Urusan Nanti

Senada dengan Wilda, kapten timnas bola voli putra Indoor, Nizar Zulfikar, juga dengan tegas menyampaikan kesiapannya.

“Kalau untuk sekarang, persiapannya sudah mendekati pertandingan. Jadi intensitas latihannya dikurangi. Tidak seperti bulan-bulan sebelumnya, karena minggu ini minggu terakhir," katanya.. "Hari sabtu besok sudah tanding. Targetnya, nggak mau muluk-muluk dulu. Pokok, selama di Filipina kita bisa main yang terbaik. Bisa dapet emas atau enggak, itu urusan nanti,” ungkap Nizar

Loading
Artikel Selanjutnya
Buka Proliga 2020 di Pekanbaru, Menpora Apresiasi Prestasi PBVSI
Artikel Selanjutnya
Proliga 2020: Surabaya Bhayangkara Samator Targetkan Poin Penuh di Laga Perdana