Sukses

Kaldron SEA Games 2019 Telan Dana Lebih dari Rp15 Miliar

Manila - SEA Games 2019 dikabarkan menelan dana sebesar 7,5 miliar peso Filipina. Dana sebesar enam miliar peso Filipina akan dianggarkan untuk sektor non-atlet.

Sebuah sumber di Filipina telah mendapatkan salinan anggaran SEA Games 2019. Dana sebesar enam miliar peso Filipina tersebut dimasukkan ke dalam anggaran rahasia. Ada alasan mengapa dokumen tersebut dirahasiakan.

Salah satu anggaran yang dimasukkan dalam dokumen tersebut adalah biaya pembuatan kaldron SEA Games 2019. Kaldron SEA Games 2019 menjadi yang termahal sepanjang sejarah.

Pihak penyelenggara menganggarkan dana selangit untuk pembangunan kaldron SEA Games 2019. Pembangunan kaldron SEA Games menghabiskan 56 juta peso Filipina atau sekitar 15,6 miliar rupiah.

Untuk SEA Games kali ini, desain kaldron mencapai 4,4 juta peso Filipina atau 1,2 miliar rupiah, dan biaya konstruksi fondasi kaldron sebesar 13,4 juta peso Filipina atau 3,7 miliar rupiah. Sementara itu, biaya pemasangan kaldron seharga 32 juta peso Filipina atau senilai 8,9 miliar rupiah.

Kaldron senilai 15,6 miliar rupiah tersebut merupakan yang termahal di Filipina. Kaldron tersebut akan digunakan selama SEA Games 2019 berlangsung.

2 dari 2 halaman

Sosok Penyala Api Kaldron

Pesenam muda Filipina, Carlos Yulo, akan menyalakan api kaldron seharga 15,6 miliar rupiah tersebut pada upacara pembukaan SEA Games 2019 yang berlangsung di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019).

Atlet berusia 19 tahun tersebut menjadi pusat perhatian seetelah meraih medali emas Kejuaraan Senam Artistik Dunia 2019 di Stuttgrat, Jerman, pada September lalu. Pada nomor Senam Lantai, Carlos Yulo sudah menyumbangkan dua medali emas, dua medali perak, dan lima perunggu sepanjang kariernya.

Carlos Yulo tidak akan sendirian pada upacara pembukaan SEA Games 2019. Hidilyn Diaz, EJ Oiena, Nesthy Parecio, Eumir Marcial, Margielyn Didal, dan Kiyomi Watanabe akan membawa bendera Filipina pada upacara pembukaan akhir November nanti.

Sumber: Philstar

Disadur dari Bola.com (Penulis Tegar Juel, Editor Aning Jati, Published 18/11/2019).

 

Manchester City Vs Manchester United, Solskjaer Punya Rekor Bagus Saat Hadapi Tim Elit
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekap Medali SEA Games 2019: Indonesia Tempati Posisi Kedua
Artikel Selanjutnya
Emas SEA Games 2019, Akhir Penantian Panjang Duo Atlet Polo Air Asal Siantar