Sukses

Jadwal Seri Terakhir FIM CEV 2019, Pembalap Indonesia Siap Menekan Sejak Awal

Balapan seri pamungkas FIM CEV 2019 bakal berlangsung di Ricardo Tormo, Minggu (10/11/2019).

Liputan6.com, Valencia- Tiga pembalap Indonesia bakal tampi pada seri terakhir balapan FIM CEV 2019 yang akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (10/11/2019). Ini merupakan kesempatan terakhir bagi mereka untuk memperbaiki posisi di klasemen akhir balapan. 

Di kelas Moto3 World Junior Championship, Mario Suryo Aji, harus start dari posisi ke-14. Ini menyusul hasil yang kurang memuaskan pada kualifikasi kedua. Sempat terjatuh di lap awal, Mario mencapai caatan waktu terbaik 01:40,649 atau lebih lambat dari kualifikasi pertama.

"Saya sudah pernah balapan di sirkuit ini pada seri kedua CEV. Pada sesi kualifikasi ini saya berusaha fokus pada perbaikan catatan waktu, terutama saat di tikungan dengan titik pengereman yang lebih dekat. Saya akan berjuang keras pada balapan terakhir CEV dapat finish di 10 besar," ujar Mario di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Sabtu (9/11/2019).

Start dari posisi 14, Mario tetap berusaha agar tetap masuk 10 besar. Karena itu, Mario mengaku akan berusaha menekan sejak awal balapan. "Saya akan berusaha tidak keluar dari rombongan sejak awal lomba. Masuk 10 besar masih bisa lah ya?" kata Mario.

Sementara itu, pada kelas CEV Moto2 European Championship, Andi Farid Izdihar, juga sempat terjatuh pada kualifikasi pertama. Meski demikian, pembalap yang akrab dipanggil Andi Gilang tersebut masih mampu menyelesaikan dua sesi kualifikasi FIM CEV 2019. 

Kendati terjatuh pada akhir kualifikasi pertama, Andi mampu menempati posisi ke-8 dengan catatan waktu 01:37,697. Pada kualifikasi kedua, Andi kesulitan mempertajam catatan waktu karena terkendala angin yang semakin kencang saat balapan. Berdasarkan hasil kedua klasifikasi, Andi Gilang akan memulai balapan pada baris keempat di posisi ke-12.

"Kualifikasi kedua terasa lebih sulit. Selain karena kondisi angin kencang, setting motor juga perlu disesuaikan kembali, terutama pada suspensi," kata Andi Gilang menjelaskan.

"Untuk balapan terakhir CEV, saya akan berusaha mengejar posisi group depan semaksimal mungkin untuk capai hasil terbaik di tahun ini," ujar Andi Gilang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Data

Rekan setimnya, Gerry Salim, sempat beberapa kali menempati posisi 5 besar pebalap tercepat pada beberapa lap pertama di kedua sesi klasifikasi. Gerry mencatatkan waktu terbaiknya pada lap ke-12 kualifikasi kedua, yaitu 1:37,644 detik. Pada balapan terakhir CEV Moto2 European Championship yang digelar hanya sekali, Gerry akan start dari posisi ke-11.

Gerry mengaku sudah nyaman dengan setingan sepeda motornya. Karena itu, dia berniat mempertahankannya hingga balapan Minggu. "Sekarang, saya tinggal cek data dengan mekanik. Saya sudah nyaman dan saya ingin mempertahankan setingan yang sekarang."

 

 

 

3 dari 3 halaman

Jadwal FIM CEV 2019

Setelah sesi pemanasan pada Minggu (10/11) yang digelar pada pukul 14.45 WIB, tiga pebalap Astra Honda Racing Team ini akan menuntaskan rangkaian balapan FIM CEV International Championship tahun ini. Balapan CEV Moto3 Junior World Championship akan digelar sebanyak dua kali pukul 17.00 WIB dan 20.00 WIB.

Sedangkan untuk kelas CEV Moto2 European Championship, balapan digelar hanya sekali pukul 19.00 WIB. Balapan bisa disaksikan secara langsung di channel YouTube FIM CEV.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.