Sukses

Sesmenpora Ajak Masyarakat Hidup Sehat lewat Senam Orhiba

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Sulistiantoro Dewa Broto mengajak masyarakat untuk membiasakan hidup sehat. Gatot menyebut pola hidup seperti itu bisa dilakukan lewat olah raga, termasuk lewat senam.

Hal tersebut disampaikan Sesmenpora dan didampingi Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, dalam acara "Senam Massal Olah Raga Hidup Baru (Orhiba) di Lapangan Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora), Minggu (27/10/2019). Acara yang digagas Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI ini, juga menjadi bagian dari agenda Kemenpora menyambut hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Senin besok.

Menurut Gatot, dalam keterangannya pada media, upaya pencegahan atau menjaga tubuh sehat lebih baik dari mengobati. Dia mencontohkan upaya pengobatan melalui program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan. "Anggaran BPJS kan cenderung sedikit (mahal). Karenanya, kita mendorong untuk menggerakkan badan untuk sehat," ujarnya

Gatot mencontohkan kebiasaan hidup sehat ini bisa dilakukan melalui kegiatan senam Olahraga Hidup Baru (Orhiba).

Ini merupakan senam yang simple dan dapat dilakukan di tengah kegiatan sehari-hari.

Olah raga ini juga bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapapun. Hanya memerlukan waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit setiap kali latihan. Biayanya pun murah karena tidak memerlukan pakaian khusus dan perlengkapan tertentu, bahkan tidak perlu meninggalkan rumah untuk melakukannya.

Terkait dengan semakin massifnya senam Orhiba, pihak Kemenpora, kata Gatot, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena itu, sudah jadi kewajiban kementerian untuk memfasilitasi dan memberinya ruang. "Kami berharap solidaritas masyarakan semakin kuat karena yang hadir dari berbagai kalangan," kata Gatot.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Olah Raga Unik

Sementara itu, Ketua Umum Orhiba Indonesia, Widya Mukti, menjelaskan acara senam masal ini diikuti sekitar 600 peserta. "Kami juga turut mengundang perkumpulan ojek online. Diharapkan di tengah sibuknya kegiatan para pekerja ini, mereka tetap dapat melakukan kegiatan olah raga yang dapat mendukung kesehatan mereka. Karena Sehat berawal dari diri sendiri," kata Ketua Umum Orhiba Indonesia, Widya Mukti.

"Orhiba adalah olah raga yang unik. Sebab, gerakannya satu macam saja, yaitu dengan mengayunkan lengan ke belakang dengan sikap tegap dan tegak. Gerakan ini dilakukan setelah menyiapkan mental kita untuk menerima energi alam semesta.

Acara senam masal ini dimeriahkan bintang tamu Baby Niken yang juga turut ikut melakukan senam Orhiba. Kegiatan semakin meriah karena dihadiri pula ratusan peserta fun bike ASN-LAN (lembaga administrasi negara) yang akan mengambil route finish di halaman Kemenpora.