Sukses

Kisah Tim Sepak Bola yang Bermarkas di Ketinggian 2 Ribu Mdpl, Sudah Terbiasa Kehabisan Oksigen

Alpen - FC Gspon punya cerita yang berbeda dengan tim sepak bola lainnya. Pasalnya, klub asal Swiss ini kerap bermain bola pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ya, ada stadion unik yang berada di atas pegunungan Alpen, Swiss. Stadion tersebut diberi nama Ottmar Hitzfeld. FC Gspon merupakan tuan rumah dari Stadion Ottmar Hitzfeld dan bermain di Swiss Mountain League.

Setiap bertanding, para pemain FC Gspon disuguhi pemandangan berupa puncak-puncak raksasa. Meski bermain di atas gunung, FC Gspon juga mempunyai penggemar. Terdapat 40-50 orang yang hadir per pertandingan pada musim panas.

Sedangkan saat cuaca ekstrem hanya beberapa orang saja yang datang ke stadion tersebut. Lokasinya yang tinggi membuat penonton harus menggunakan kereta gantung maupun helikopter untuk mencapai stadion tersebut.

Pemain FC Gspon, Alfons Brigger, mengatakan timnya harus menempuh jarak ratusan meter untuk menuju lokasi tersebut.

"Sebagian besar waktu perjalanan sekitar 100 meter menuruni bukit - kadang-kadang mereka 200 atau 300 meter lebih jauh ke bawah," kata Alfons Brigger, seperti dilansir dari Sportbible, Minggu (13/10/2019).

"Kadang-kadang saat pertandingan, Anda tidak hanya akan kehilangan satu bola atau lebih. Jadi, ketika 10 bola keluar, sebelum latihan kami harus pergi ke sana dan mencari mereka. Ini sangat menjengkelkan," tambahnya.

Konon, selama bermain bola, FC Gspon sudah kehilangan sekitar 1000 bola dalam 40 tahun terakhir. Jumlah bola yang tentunya sangat banyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Terbiasa dengan Oksigen Tipis

Meskipun oksigen di atas gunung cenderung tipis, bek FC Gspon, Diego Abgottspon, menyebut kondisi tersebut sudah menjadi hal yang biasa. Namun, tidak bagi lawan yang datang ke Stadion Ottmar Hitzfeld tersebut.

"Bagi lawan itu lebih sulit," ujar Diego Abgottspon.

"Jika kami kalah 0-5 di babak pertama, kami tahu bisa membalikkan keadaan dan menang. Kami adalah tim yang sangat kuat di kota kami," tandasnya.

Sejauh ini, Stadion Ottmar Hitzfeld masih menjadi satu di antara lapangan terindah di dunia.

Sumber: Sportbible

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri/Rizky Hidayat, Published 13/10/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.