Sukses

Berkat Messi, Popularitas Nama Leo Meningkat Ratusan Persen di Catalunya

Liputan6.com, Barcelona - Popularitas Lionel Messi di Catalunya, provisi lokasi Barcelona berada, tidak perlu diragukan. Terbukti, banyak orang tua menamakan anak mereka sesuai dengan bintang El Azulgrana tersebut.

Institut d’Estadística de Catalunya (Idescat) atau Institut Statistik Catalunya mencatat, Leo merupakan nama terpopuler keenam dari 63.178 kelahiran pada 2018. Dengan jumlah 459, Leo berada di belakang Marc (640), Pol (548), Alex (499), Jan (489), dan Nil (461).

Meski tidak berada di posisi teratas, hal tersebut merupakan apresiasi luar biasa bagi Messi. Sebab, ketenarannya meningkat ratusan lipat.

"Hanya empat bayi dengan nama Leo ketika Messi datang di Catalunya (2000). Kemudian, bertambah jadi sebelas nama ketika Messi menjalani debut di tim utama Barcelona (2004)," tulis keterangan resmi Idescat.

Jika dirinci, Leo tercatat sebagai nama terpopuler di tiga wilayah Catalunya yakni Valles Occidental, Anoia, dan Tarragones. Sementara di Barcelona, Leo mendempati peringkat tiga.

"Selain reputasinya sebagai pesepakbola top dunia, kehidupan keluarga Messi yang harmonis turut menginspirasi penduduk Catalunya," jelas Idescat.

2 dari 3 halaman

Pemain Bintang

Menimba ilmu di Akademi Barcelona, Messi debut di tim utama pada 16 October 2004 melawan Espanyol. Hingga kini dia sudah mencetak 603 gol dari 691 penampilan.

Catatan tersebut membantunya memecahkan berbagai rekor, salah satunya top scorer sepanjang masa Barcelona. Messi juga menjadi pemain terbaik dunia enam kali.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini