Sukses

10 Pembalap Gokart Indonesia akan Berlaga di Eropa

Bakal ada 10 Pembalap gokart Indonesia yang berlaga di dua ajang bergengsi di Eropa.

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan nasional gokart, Eshark Karting Indonesia Championship 2019, telah merampungkan kejurnas sebanyak 6 putaran. Dari event yang digelar Eshark Motorsport itu, ada 11 pembalap mendapatkan tiket berlaga di balapan gokart di Eropa. 

“Kita sudah menyelesaikan 6 putaran selama setahun. Saat ini kita telah mendapat para pemenang dan ada 10 yang mendapatkan tiket mengikuti kejuaraan ROK Cup Super Final 2019 di Italia Oktober nanti, serta ada juga yang dapat 1 tiket IAME International Final 2019 juga di bulan Oktober di sirkuit Le Mans, Perancis,” jelas Ade Satyaningtyas, mewakili pihak promotor.

Ada sedikit perbedaan di tahun 2019 ini dengan tahun-tahun sebelumnya, Eshark Motorsport kali ini juga memperkenalkan mesin IAME khusus untuk kelas Mini. Hal ini membawa dampak positif karena Kelas Mini menjadi salah satu kelas yang paling kompetitif di tahun 2019.

Tak hanya itu, selain menyelenggarakan Eshark Karting Indonesia Championship, Eshark Motorsport bersama dengan promotor ROK Cup Asia yaitu Singapore dan Thailand juga menyelenggarakan ROK Cup Asia Zone yang finalnya diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Sentul International Karting Circuit, Bogor pada tanggal 8 September 2019.

Pada akhirnya terpilihlah para pembalap gokart yang akan berangkat mewakili Indonesia di dua kejuaraan gokart internasional bergensi yakni ROK Cup Super Final 2019 di Italia tanggal 9-12 Oktober 2019 serta IAME International Final 2019 di Le Mans, Perancis tanggal 14-19 Oktober 2019. 

"Tidak ada persiapan khusus. Sejak tampil terakhir kali di Lonato, saya hanya ingin berusaha yang terbaik untuk mendapatkan podium," kata salah satu pembalap gokart yang akan berlaga di Eropa, Gael Julien. 

Untuk ROK Cup Super Final 2019, Indonesia seharusnya bisa mengirimkan 10 pembalapnya. Namun karena suatu dan lain hal, salah satu pembalap Expert, Haridarma Manoppo, tidak bisa ikut ke kejuaraan tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimistis

Melihat komposisi pegokart yang mewakili Indonesia tahun ini, Ade cukup percaya diri karena beberapa nama sudah tercatat beberapa kali punya pengalaman tampil di Eropa. 

"Melihat prestasi dari para pembalap yang telah berhasil dapat tiket di ROK dan IAME Final, saya berharap mereka yang berangkat bisa memberikan prestasi terbaik dan berjuang keras. Beberapa pembalap juga sudah ada 2 atau 3 kali dapat tiket world final, jadi seharusnya mereka lebih siap,” jelas Ade.

Para pembalap juga optimistis bisa berbicara banyak pada balapan di Eropa nanti. "Target saya bisa menembus top 10. Yang harus saya persiapkan tentunya kesiapan mental dan fisik serta harus cepat beradaptasi dengan trek disana," tutur M. Harits.

"Persaingan di international final sulit dibaca. Semua lawannya berat. Saya harus cepat beradaptasi dengan trek dan cuaca disana. Jadi fokus pada diri sendiri. Target saya bisa menembus babak final disana," ujar Malik Bintang. 

Daftar pegokart Indonesia akan mengikuti ROK Cup Super Final 2019:

Kategori MINI :

- Kimi Rae

- Malik Bintang

Kategori JUNIOR :

- Gael Julien

- Adrian Hassan

Kategori SENIOR :

- M Harits

- Rava Mahpud

- Silvano Christian

Kategori SHIFTER :

- Diptya Oktadewa

Kategori EXPERT Plus :

- Eris Mahpud

IAME INTERNATIONAL FINAL 2019

Kategori MINI

- Aditya Wibowo

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini