Sukses

Mengenal Sirkuit Jalanan Marina Bay, Panggung F1 GP Singapura

Liputan6.com, Singapura - Seri ke-15 Formula 1 (F1) 2019 bakal berlangsung di Singapura. Negara ini memiliki sirkuit yang tidak bisa, sama seperti GP Monaco. Ya, kedua negara ini menggunakan sirkuit jalanan.

Sirkuit Marina Bay terletak di jalan raya Kota Singapura. Sirkuit ini memiliki panjang 5,067 km dan jumlah tikungannya sebanyak 24. Sirkuit ini digunakan untuk balap F1 mulai tahun 2008 dan dipakai sebagai balapan malam pertama. Hermann Tilke, seorang arsitektur berkebangsaan Jerman, merancang sirkuit ini. 

Untuk menerangi sirkuit, pihak panitia Singapore GP Pte Ltd menggandeng perusahaan Italia, Valerio Maioli Spa. Perusahaan tersebut akan membangun sistem penerangan berdaya empat kali lebih besar dibandingkan standar yang digunakan untuk lampu stadion sepak bola. Ada sebanyak 1.500 lampu proyektor yang dipasang dengan sumber tenaga berasal dari 12 generator berkekuatan ganda.

Pada seri ini, pembalap Mercedes, Lewis Hamilton bakal bersaing dengan rekan setimnya, Valtteri Bottas untuk menjadi yang terbaik di Singapura. Saat ini keduanya menguasai dua posisi teratas. Hamilton sudah mengumpulkan 284 poin, sedangkan Bottas mengemas 221 poin.

Hamilton lebih diungulkan di F1 GP Singapura kali ini. Sebab, pembalap asal Inggris tersebut menempati podium pertama di Marina Bay, tahun lalu.

 

2 dari 3 halaman

Promosi Wisata

Seri F1 GP Singapura 2019 yang berlangsung pada Minggu (22/9/2019) bukan hanya sekadar balapan biasa. Pemerintah Singapura menjadikannya sebagai pesta rakyat dan juga dimanfaatkan untuk menyedot wisatawan asing.

Singapura memperluas ajang F1 pada tahun ini. Tidak hanya berada di Sirkuit Jalanan Marina Bay, tapi juga ke Orchad Road dan Kampong Glam. Mereka mengusung tema perayaan F1 dengan cita rasa lebih lokal.

Aktivitas yang berada di sekitar Sirkuit Marina Bay berlangsung selama pekan, 13 hingga 22 September, puncak dari gelaran F1 Singapura. Tak hanya balapan, Singapore Tourism Board juga memanfaatkannya untuk menyedot wisatawan asing melihat ke berbagai tempat wisata di Singapura seperti Clarke Quay hingga Bandara Jewel Changi.

Singapore Tourism Board dibantu pihak kepolisian Singapura untuk menunjukkan lokasi-lokasi menarik di sana. Wisatawan asing bisa bermain go-kart di Orchard Road agar bisa merasakan adrenalin menjadi pembalap seperti Lewis Hamilton dan kawan-kawan.

Simulator balap dan mobil balap McLaren dan Red Bull juga akan tampil di sepanjang Orchard Road selama tiga hari, saat F1 Singapura berlangsung. 

Setelah gelaran F1 berakhir, kehidupan malam di Clarke Quay akan terklihat jelas dengan berbagai live musik yang diisi penyanyi dan band top dunia seperti Red Hot Chili Peppers hingga Gwen Stefani.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Bertukar Kendaraan, Adu Cepat di Valencia
Artikel Selanjutnya
Lewis Hamilton Menangi Balapan Penutup Formula 1 2019