Sukses

Ingat Allah Cara Gelandang Timnas Indonesia U-16 Hilangkan Rasa Gugup

Valeron merupakan satu dari para pemain yang tampil saat Timnas Indonesia U-16 menghabisi Filipina dengan skor 4-0

Liputan6.com, Jakarta - Tampil di Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 merupakan kesempatan besar bagi seorang Muhammad Valeron. Tak dipungkiri jika rasa gugup tidak jarang menghinggapi gelandang Timnas Indonesia U-16 tersebut.

Namun, dia punya cara jitu untuk menghilangkan rasa gugup yang menghinggapinya kala setiap memperkuat Timnas Indonesia U-16. Valeron mengatakan, Allah menjadi kekuatan utama dirinya mengatasi masalah internal tersebut.

"Mengatasinya dengan ingat Allah," kata Valeroen setelah menjalani latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (17/9/2019), dikutip dari Antara.

Valeron ikut ambil bagian saat Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 4-0 pada pertandingan pertama kualifikasi Grup G Piala Asia U-16 pada Senin silam. Pada laga yang dimainkan di Stadion Madya tersebut, Valeron tampil selama 90 menit namun ia tidak menyumbang gol.

Selain terkejut dengan banyaknya publik yang menyaksikan pertandingan tersebut, pemain Timnas Indonesia U-16 milik Persib itu mengakui sumber rasa gugupnya adalah kehadiran orang tuanya. Ia cemas tidak mampu memperlihatkan permainan terbaik ke hadapan orang tuanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Evaluasi Penampilan

Namun Valeron berjanji akan berupaya memperbaiki penampilannya, dan menghapus beban kecemasan yang menggelayuti pikirannya.

Meski sempat gugup saat tampil dengan disaksikan begitu banyak penonton, Valeroen mengharapkan Stadion Madya akan kembali dipenuhi pendukung Tim Merah-Putih saat mereka menjalani pertandingan kedua melawan Kepulauan Mariana Utara.

Terkait kebijakan pelatih Bima Sakti untuk membatasi penggunaan gawai di kalangan para pemain, Valeroen menyetujui langkah tersebut.

Terlebih saat ini timnas U-16 sedang harum namanya setelah timnas senior harus menelan dua kekalahan di ajang Kualifikasi Piala Dunia selang beberapa hari sebelumnya.

"Iya. Jarang pegang handphone. Soalnya pujian itu racun," ujar pemain yang akrab disapa Veron ini.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-16

Rabu, 18 September 2019 (Stadion Madya)

China vs Filipina

Indonesia vs Kepulauan Mariana (Mola TV/RCTI)

 

Jumat, 20 September 2019 (Stadion Madya)

Tiongkok vs Kepualauan Mariana

Brunei Darussalam vs Indonesia (Mola TV/RCTI)

 

Minggu, 22 September 2019 (Stadion Gelora Bung Karno)

Filipina vs Brunei Darussalam

Indonesia vs Tiongkok (Mola TV/RCTI)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.