Sukses

BJ Habibie Wafat, Pebulu Tangkis dan Olahragawan Indonesia Ucapkan Belasungkawa

Liputan6.com, Jakarta- Presiden Republik Indonesia (RI) ketiga Bacharudin Jusuf Habibie atau BJ Habibie tutup usia pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05. Indonesia berduka dengan berpulangnya tokoh nasional yang banyak dikagumi ini.

Tak terkecuali para pebulu tangkis dan olahragawan Indonesia turut berduka dengan wafatnya BJ Habibie. Diantaranya pebulu tangkis Indoensia yang turut memperkuat tim Piala Thomas di 1998 lalu.

Hendrawan mengenang kemenangan tim Indonesia pada Piala Thomas 1998 yang ketika pulang ke Tanah Air diterima oleh Presiden BJ Habibie. Dia mengatakan tim Indonesia berangkat ke Hong Kong untuk mengikuti putaran final Piala Thomas dilepas oleh Presiden Soeharto, namun pulang disambut oleh Presiden BJ Habibie.

Saat itu, pada tahun 1998, Tim Piala Thomas Indonesia harus bertanding dimana saat bersamaan Tanah Air mengalami kerusuhan massal yang memaksa turunnya Presiden Soeharto.

Meski demikian Hendrawan dan kawan-kawan pulang membawa Piala Thomas setelah mengalahkan Malaysia di final.

"Pak BJ Habibie cuma bilang kepada Tim Piala Thomas yang juara pada situasi sulit. 'Sedikitnya bisa mengobati luka bangsa akibat kerusuhan'," kata Hendrawan seperti dikutip antara.

 

2 dari 3 halaman

Ucapan Duka yang Lain

Sementara itu, sejumlah atlet menyatakan rasa dukacita mendalam atas wafatnya Presiden Ketiga RI BJ Habibie yang tutup usia di RSPAD pada pukul 18.05 WIB, Rabu.

"Innalillahi wa inna ilaihi rooji'un tuurt berduka cita atas wafatnya Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie Presiden ke-3 Republik Indonesia," tulis juara Olimpiade 2016 Tontowi Ahmad melalui story di akun Instagramnya.

Hal serupa disampaikan peraih medali perunggu lompat jauh Asian Games 2018 Sapwaturrahman yang menulis dalam Instagram storynya "Selamat jalan Pak BJ Habibie Presiden Republik Indonesia ke-3".

BJ Habibie wafat di RSPAD setelah menjalani perawatan intensif sejak awal September. Menurut rencana, jenazah Presiden RI ke-3 itu akan dimakamkan di TNMP Kalibata Jakarta, Kamis (12/9) di sebelah pusara istri tercintanya Ainun Habibie di slot 120-121.

3 dari 3 halaman

Video

Loading
Artikel Selanjutnya
Bandara Kertajati Diusulkan Ganti Nama Jadi BJ Habibie, Ini Syaratnya
Artikel Selanjutnya
Koleksi-Koleksi Kendaraan Mewah Presiden Indonesia