Sukses

Piala Dunia FIBA 2019: Amerika Serikat Tersingkir di Perempat Final

Timnas basket Amerika Serikat kalah dari Prancis di perempat final Piala Dunia FIBA 2019.

Liputan6.com, Dongguan- Kandidat kuat juara Amerika Serikat secara mengejutkan tersingkir di perempat final Piala Dunia FIBA 2019 di Tiongkok. Amerika Serikat kalah 79-89 dari Prancis, Rabu (11/9/2019) malam WIB.

Kekalahan ini mengakhiri 58 kemenangan beruntun Amerika Serikat di Piala Dunia FIBA sejak diperkuat pemain-pemain NBA.

Pada laga yang digelar di Dongguan itu, Amerika Serikat masih belum bisa menurunkan forward Jayson Tatum akibat cedera pergelangan kaki.

Pertemuan Prancis dengan Amerika Serikat di perempat final ini berlangsung seru sejak awal. Kuarter pertama berakhir sama kuat 18-181.

Di kuarter dua, Prancis berhasil meninggalkan Amerika Serikat berkat bagusnya akurasi tembakan tiga angka Nicolas Batum dan kawan-kawan. Prancis unggul enam poin saat jeda babak pertama.

Dua pemain yang main di NBA Evan Fournier dan Rudy Gobert benar-benar merepotkan Amerika di babak pertama.

Prancis makin percaya diri di awal kuarter tiga perempat final Piala Dunia FIBA 2019. Four point play Batum membuyat Prancis unggul hingga 10 poin atas Amerika Serikat.

Memasuki pertengahan kuarter tiga, Amerika Serikat bangkit. Dimotori Donovan Mitchell, Amerika Serikat terus memangkas jarak.

Tiga lemparan bebas Marcus Smart membuat Amerika Serikat berbalik unggul 63-62 dengan tersisa satu menit 40 detik di kuarter tiga. Tembakan tiga angka Mitchell membuat Amerika menutup kuarter tiga perempat final Piala Dunia FIBA 2019 dengan keunggulan tiga poin, 66-63.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gobert

Sempat tertinggal tujuh poin di awal kuarter keempat, Prancis mengubah strategi dengan memaksimalkan Gobert. Pemain Utah Jazz itu begitu dominan di paint area baik bertahan maupun saat menyerang.

Poin-poin dari Gobert membuat Prancis mengejar. Prancis kembali unggul 78-76 saat laga tersisa tiga menit 23 detik berkay layup Fournier.

Amerika Serikat mati-matian mengejar. Namun blok-blok dari Gobert menjadi momok menakutkan sehingga menyulitkan Amerika mengejar. Ditambah buruknya free throw di kuarter empat, Amerika Serikat akhirnya harus mengakui keunggulan Prancis 79-89.

Gobert membuat 21 poin dan 16 rebound. Sedangkan Fournier finis dengan 22 poin. Sedangkan di kubu Amerika Serikat, Mitchell menghasilkan 29 angka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.