Sukses

Karir Kilat Ansu Fati, Wonderkid Barcelona Jebolan La Masia

Ansu Fati menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah yang memperkuat skuat utama Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona- Juara bertahan Barcelona mengamuk saat menjamu Real Betis di Camp Nou pada pekan kedua La Liga 2019/20, Minggu (25/8/2019). Tim tamu jadi tumbal kebangkitan Blaugrana setelah pada pertandingan pertama dipaksa menelan kekalahan 0-1 dari Athletic Bilbao.

Di depan publik sendiri, Barcelona sebenarnya tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Lionel Messi dan Luis Suarez yang selama ini menjadi andalan lini  serang Barca hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya bertarung dari bangku tribune gara-gara masih cedera. 

Nasib yang sama juga dialami oleh Ousmane Dembele. Pemain asal Prancis tersebut juga tidak bisa tampil karena cedera. Beruntung Barca masih punya Antoine Griezmann. 

Pemain yang diboyong dari Atletico Madrid itu tampil luar biasa dan mencetak dua gol bagi tuan rumah. Penampilan Griezmann membantu Barcelona menang 5-2 atas Real Betis. 

Selain Griezmann, tiga gol Barcelona dicetak oleh Carles Perez, Jordi Alba, dan Arturo Vidal. Sedangkan Real Madrid memperkecil ketertinggalan melalui Nabil Vekir dan Lorenzo Garcia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

DNA Sepak Bola

Kemenangan Barcelona tidak hanya melambungkan para pencetak gol saja. Sosok Ansu Fati yang tampil menggantikan Carles Perez sejak menit ke-78 juga ikut mencuri perhatian.

Usianya yang baru 16 tahun 298 hari saat melangkah dari bangku cadangan, Minggu lalu. Ini menjadikan Fati sebagai pemain termuda kedua yang menembus skuat utama Barcelona. 

"Setelah pertandingan berakhir, saya tetap berada di lapangan selama beberapa saat saya sebab saya tidak mempercayainya," kata Fati usai pertandingan seperti dilansir Marca. 

"Itu adalah hari terbahagia dalam hidup saya,"kata ayahnya, Bora Fati. 

Lahir di Bissau, Fati pindah ke Spanyol saat usianya baru 6 tahun. Dia tinggal di Herrera, Seville, Andalusia dan sempat bergabung dengan akademi Sevilla FC. Fati lahir dari keluarga pesepak bola. Kedua abangnya, Braima dan Miguel juga pesepak bola dan sempat dikaitkan dengan Barcelona. Sementara ayahnya, Bori merupakan pemain profesional di negaranya. 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Dilirik Real Madrid

Fati bergabung dengan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, pada usia 10 tahun. 

Bakat sepak bola Fati sebenarnya tidak hanya tercium oleh Barcelona saja. Sebelumnya, Real Madrid yang menjadi rival abadi Barca juga tertarik mendapatkan tanda-tangannya.  

"Kami tengah berada di Sevilla, dan Real Madrid menawarkan kontrak dengan nilai dan syarat yang lebih baik dari Barcelona. Tapi kami pilih Barcelona karena mereka datang ke rumah kami dengan surat kontrak dan meyakinkan saya," beber Bori menambahkan. 

"Albert Puig datang dan mengatakan kalau anakku harus menandatangi kontrak untuk Barcelona. Katanya Barcelona punya proyek untuknya," kata Bori Fati. 

Sejak bergabung dengan Barcelona, Fati langsung menunjukkan kemampuannya di lapangan. Dia konsisten menghuni posisi starter di setiap tim yang diikuti dan ikut berperan besar dalam level yang lebih luas seperti UEFA Youth League.

Musim lalu, dia mencetak 4 gol dan tiga asisst dalam sembilan laga yang diikutinya termasuk saat Barcelona kalah dari Chelsea lewat adu penalti pada babak semifinal. 

 

4 dari 4 halaman

Bocah 100 Juta Euro

Pelatih Juvenil B, Victor Valdes sangat terkesan kepada Fati. Menurutnya, Fati merupakan pemain yang kuat, cepat, dan percaya diri. Itu sebabnya, dia tidak kaget saat melihat penampilan menawan Fati bersama Barcelona ketika menjamu Real Betis di Camp Nou. 

"Ketika Ansu mengatakan kalau (Ernesto) Valverde memanggilnya, istri saya menangis," kata Bora."Ketika dia masuk ke lapangan, kami seperti berada di langit ke sembilan." 

Fati telah memperbaharui kontraknya bersama Barcelona pada awal tahun ini. Barcelona mencantumkan klausul pelepasan bernilai 100 juta euro atau setara Rp1,5 Triliun.

Penampilannya perdananya bersama Barcelona kini membuka mata fans. Itu terlihat dari jumlah followers di Instagramnya yang meningkat dari 64 ribu menjadi 300 ribu.

"Saya lihat orangtuaku, keluargaku, yang di sini bersama saya. Kini waktunya menikmati waktu dan tidak ada kata lain yang bisa saya ucapkan selain, terima kasih," kata Fati.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.