Sukses

Persipura Menang Telak di Kandang Barito Putera

Banjarbaru Persipura Jayapura sukses memetik poin penuh di Stadion Demang Lehman, kandang Barito Putera, dalam laga pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019 yang digelar pada Jumat (23/8/2019) sore. Dalam duel ini Persipura pesta gol dan menang dengan skor akhir 4-0.

Persipura Jayapura tampil menyerang di bawah asuhan Jacksen Tiago yang juga merupakan mantan pelatih Barito Putera sampai pekan keempat Shopee Liga 1 2019. Strategi yang diperlihatkan Persipura menjadi bukti Jacksen Tiago begitu memahami permainan Laskar Antasari yang baru saja merekrut pelatih baru, Djadjang Nurdjaman, yang dalam pertandingan ini masih mengamati pertandingan dari tribune stadion.

Permainan kedua tim begitu menarik sejak awal pertandingan. Baik Barito Putera maupun Persipura Jayapura tampil menekan dan beberapa kali berupaya menciptakan peluang.

Setelah pertandingan diwarnai saling serang, Persipura sukses membuka keunggulan terlebih dulu pada menit ke-38 lewat gol yang dicetak Mamadou Samassa. Pemain asing Persipura itu mencetak gol lewat eksekusi tendangan bebas yang tidak terlalu jauh dari kotak penalti.

Tertinggal dari tim tamu, Barito Putera tidak mengendurkan tekanan yang mereka lakukan. Dua peluang didapatkan oleh Barito Putera pada menit-menit akhir babak pertama, tapi gawang Persipura Jayapura masih aman. Babak pertama pun ditutup dengan kedudukan 1-0 untuk keunggulan Persipura.

 

 

2 dari 3 halaman

Persipura Makin Tajam di Babak Kedua

Persipura Jayapura makin gencar memperlihatkan serangan demi serangan di babak kedua. Hasilnya, Mutiara Hitam mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-59.

Gol kedua Persipura Jayapura dicetak oleh sang pemain bertahan, Andre Ribeiro dengan tandukan yang tak mampu dihalau oleh Aditya Harlan. Berawal dari umpan set-piece yang dilepaskan oleh Ian Louis Kabes, Andre Ribeiro melompat dan menanduk bola dengan kencang untuk mengoyak jala gawang Barito Putera.

Hanya dalam selang lima menit, Persipura kembali menjebol dan unggul 3-0 lewat gol yang dicetak Titus Bonai. Pemain asli Papua itu melepaskan tembakan terukur dari situasi tendangan bebas dan mengarah akurat ke sudut atas kanan gawang Barito Putera.

Persipura seakan menemukan celah untuk membungkam habis Barito Putera. Pada menit ke-67, Persipura berhasil unggul 4-0 lewat gol Ian Louis Kabes. Melakukan kerja sama satu dua dengan Mamadou Samassa tepat di depan kotak penalti Barito Putera, Ian Kabes menaklukkan Aditya Harlan untuk mencetak gol keempat Persipura.

Barito Putera tetap berusaha menekan untuk mencetak setidaknya satu gol di depan pendukung mereka. Namun, hingga pertandingan usai, Barito Putera harus mengakui kemenangan 4-0 yang diraih Persipura.

Kemenangan ini sekaligus memastikan Persipura Jayapura sudah mengemas 20 poin dari 14 laga dan membuat mereka kini bertengger di peringkat kedelapan dalam klasemen sementara Liga 1 2019.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Donni Monim, Ronny Beroperay (belakang); Bayu Pradana, Ady Setiawan, Lucas Rodrigues Ramos da Silva (tengah); Gavin Kwan Adsit, Yakob Sayuri, Samsul Arif (depan)

Pelatih: Yunan Helmi

Persipura Jayapura (4-4-2): Dede Sulaiman (kiper), Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Israel Wamiau, Yohanis Tjoe (belakang); Ian Louis Kabes, Ibrahim Conteh, Oh Inkyun, Mamadou Samassa (tengah); Titus Bonai, Boaz Solossa (depan)

Pelatih: Jacksen Tiago

Sumber: Bola.com

Loading