Sukses

Mengenal Stephanie Frappart, Wanita Besi yang Bakal Jadi Pengadil Duel Liverpool vs Chelsea

Dalam menjalankan tugas kala memimpin Liverpool vs Chelesea, Stephanie Frappart akan mencatatkan sejarah baru dalam dunia sepak bola.

Liputan6.com, Paris - Stephanie Frappart, wasit wanita asal Prancis ini bakal memimpin pertandingan Piala Super Eropa 2019, yang mempertemukan Liverpool vs Chelsea di Istanbul, Turki, 14 Agustus 2019 mendatang.

Nantinya, dalam menjalankan tugas kala memimpin Liverpool vs Chelesea, Stephanie Frappart akan mencatatkan sejarah baru dalam dunia sepak bola. Wanita kelahiran 14 Desember 1983 itu akan menjadi wasit pertama yang memimpin laga puncak dalam kompetisi yang berada di naungan UEFA.

"Stephanie telah membuktikan selama beberapa tahun bahwa dia adalah salah satu wasit wanita terbaik, tidak hanya di Eropa tetapi di seluruh dunia," kata Kepala Wasit UEFA, Roberto Rosetti dilansir BBC.

"Dia memiliki kemampuan untuk memimpin di panggung terbesar, seperti yang dia buktikan di final Piala Dunia Wanita tahun ini," ucapnya menambahkan.

Stephanie Frappart, sebelum terpilih menjadi wasit di Piala Super Eropa 2019, bekerja sangat baik saat bertugas di Piala Dunia Wanita yang berlangsung di Prancis, Juni lalu.

Pada laga Piala Super Eropa yang mempertemukan Liverpool vs Chelesea nanti, Stephanie Frappart akan ditemani oleh Manuele Nicolosi dan Michelle O’Neal sebagai asisten. Selain itu, ofisial keempat adalah wasit asal Turki, Cuneyt Cakir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wanita Besi

Stephanie Frappart merupakan wasit tegas. Dia dikenal sebagai wanita besi karena tidak ragu membuat keputusan. Terutama, mengeluarkan kartu.

Pada Piala Dunia Wanita 2019, misalnya. Dia ditugaskan menjadi wasit pada ajang ini sebanyak empat kali. Wanita berusia 35 tahun itu mengeluarkan 11 kartu kuning kepada pemain yang bermain keras.

Selain itu, tercatat sejak Maret 2018, Stephanie Frappart mengeluarkan 11 kartu merah untuk pemain, baik itu dalam ajang Ligue 1, Liga Champions Wanita, hingga Piala Nasional.

3 dari 3 halaman

Profil Stephanie Frappart

Berikut biodata dari Stephanie Frappart:

Lahir: 14 Desember 1983

Kewarganegaraan: Prancis

Sejak 2011, Frappart telah menjadi wasit pertandingan sepak bola. Ia memimpin laga di Championnat National, atau divisi ketiga kompetisi sepak bola di Prancis.

Pada 2014, Frappart menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga di Ligue 2 Prancis.

Pada 2015, Frappart menjadi wasit di Piala Dunia Wanita.

Pada 2019, Frappart menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga di Ligue 1 Prancis

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.