Sukses

Rokan Hulu Riau Gelar Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora

Rokan Hulu Riau membuka bergulirnya Liga Berjenjang u-16 Piala Menpora yang sudah memasuki tahun keempat. Diharapkan lahir pemain berbakat dari kejuaraan ini.

Liputan6.com, Rokan Hulu- Riau menjadi tuan rumah dalam kompetisi Liga berjenjang U-16 Piala Menpora U-19. Salah satu program Kemenpora tersebut secara resmi dibuka oleh Gubernur Riau, H. Syamsuar di lapangan Sepak Bola Fajar desa Babussalam, Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Minggu (21/7/2019).

Syamsuar mengatakan sangat mendukung perkembangan olahraga sepak bola. Soalnya banyak atlet tingkat nasional dan internasional yang lahir dari provinsi Riau. Dia mencatat setidaknya ada tiga anak riau yang gabung tim nasional dan ikut belajar sepak bola ke luar negeri. 

Syamsuar juga berpesan kepada peserta Liga Berjenjang U-16 Menpora 2019 untuk tidak hanya fokus dengan sepakbola, namun juga fokus terhadap pendidikannya di sekolah, demi masa depan kelak.

Dia senang karena Riau, tepatnya Pemkab Rohul dipilih jadi tuan rumah Liga berjenjang U- 16 Piala Menpora. Ini disebutnya menjadi pembuktian bahwa Pemkab Rohul mendukung dliga berjenjang U-16 Piala Menpora.

"Kita sangat menyambut baik dan mendukung penuh penyelenggaraan Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora tahun 2019. Ajang ini merupakan kesempatan emas bagi para pesepakbola muda kita untuk ikut berkompetisi sekaligus dalam upaya memasyarakatkan dan memajukan olahraga sepakbola di Rohul," ucapnya.

"Dengan digelarnya Liga berjenjang U-16 Piala Menpora maka dapat menjaring bibit unggul atlet sepak bola dari Rohul yang nantinya bisa ikut di Liga Nasional," ujar Bupati Sukiman menambahkan.

Ada tiga lapangan yang dipakai untuk Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019, yakni Lapangan H Agus Salim Kecamatan Rambah, Tanjung Belit, serta lapangan Fajar desa Babussalam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reaksi Cepat

Sementara itu, Asdep Alman Hudri mengatakan ajang ini menjadi jawaban atau reaksi cepat Kemenpora terhadap Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Ini dilakukan demi peningkatan prestasi sepakbola nasional dan internasional.

"Ini menjadi tahun yang kesekian Kemenpora menggelar kompetisi bagi usia muda, mulai dari U-10, 12, 14, 16 serta mahasiswa, bahkan produk kami yang terbaru adalah kompetisi U-17 bagi Putri," ucapnya.

"Apa yang kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir ini sekaligus sebagai jawaban atau reaksi cepat tanggap kita atas inpres tersebut, sehingga apa yang diinginkan oleh pa Presiden Joko Widodo melalui Inpres tersebut, akan terwujud dengan cepat," ujarnya.

Sedangkan Yuki Candra selaku Ketua Panitia Liga Berjenjang U-16, mengatakan Liga Berjenjang U-16 Menpora ini adalah penyelanggaraan tahun ke empat. Ada 16 tim dari 12 kabupaten/ kota se-Riau yang ikut serta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini