Sukses

Mimpi AC Milan dan Inter Merobohkan San Siro Pupus

Pemerintah kota Milan tidak mengizinkn AC Milan dan Inter Milan merobohkan Stadion San Siro.

Milan - Wali Kota Milan, Giuseppe Sala, membatalkan mimpi AC Milan dan Inter Milan untuk merobohkan San Siro. Dia menyebut pemerintah kota Milan akan mempertahankan stadion tersebut hingga tahun 2026.

Presiden AC Milan, Paolo Scaroni, sempat mengatakan klubnya dan Inter Milan akan membangun stadion baru di atas lahan San Siro. Mereka siap merobohkan stadion tersebut demi mendirikan stadion baru yang lebih modern.

Namun, pernyataan tersebut dibantah Sala. Menurutnya, status kepemilikan San Siro masih menjadi hak pemerintah kota Milan. Jadi, keputusan untuk mendirikan stadion baru juga merujuk dari keputusan pemerintah kota.

"Pemerintah kota Milan adalah pemilik dari San Siro. AC Milan dan Inter Milan hanya menyewa stadion tersebut," ujar Sala.

"Jika AC Milan dan Inter Milan ingin membangun stadion baru, saya hanya memiliki dua hal yang perlu diperhatikan."

"Pertama, hal itu membutuhkan waktu dan kedua, kami adalah pemilik San Siro. Mereka tidak bisa sesumbar mengatakan hal tersebut."

"Satu hal yang pasti, San Siro masih akan berdiri hingga 2026. Setelah itu, baru kita bisa berdiskusi mengenai rencana pembangunan."

"Perlu diingat, mereka harus memiliki keuangan yang sehat untuk membangun stadion baru. Selain itu, mereka harus membuat perencanaan juga terhadap pembangunan di sekitar stadion, seperti bangunan komersial dan tempat tinggal," ungkap Sala.

Sebelumnya, pemerintah kota Milan telah berjanji akan menggunakan San Siro untuk acara pembukaan Olimpiade musim dingin 2026, jika mereka ditunjuk menjadi tuan rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stadion Ikonik

Stadion San Siro merupakan stadion kebanggaan kota Milan. Stadion tersebut sudah menjadi bangunan yang ikonik di Italia.

San Siro dibuka kali pertama pada 1926. AC Milan langsung menghuni stadion tersebut dan menjadikannya sebagai tuan rumah.

Baru pada 1947, Inter Milan ikut menempati stadion tersebut. Laga-laga bersejarah banyak dimainkan di stadion kebanggaan kota Milan tersebut.

Stadion berkapasitas 80.000 penonton itu telah menjadi tuan rumah untuk laga Piala Dunia, Piala Eropa, dan final Liga Champions. Inter Milan dan AC Milan berencana membuat stadion baru di atas lahan San Siro, namun rencana tersebut masih terbentuk perizinan dari pemerintah kota Milan.

Sumber: Football Italia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.